Waktu yang Tepat untuk USG

0 108

Kiblatmuslimah.com – Sekarang ini, ultrasonography (USG) selain sebagai gaya hidup juga sudah menjadi kebutuhan untuk pemeriksaan ibu hamil. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG.
Waktu yang tepat untuk melakukan USG yaitu pada usia kehamilan 13 minggu, 20 minggu dan 32 minggu. Karena USG saat 13-14 minggu dapat mendeteksi sekitar 50% masalah kehamilan. USG pada saat usia kehamikan 19-21 minggu dapat mendeteksi masalah lagi sekitar 20%.
Hal-hal yang perlu diketahui ketika melakukan pemeriksaan USG diantaranya adalah:
1. Kepala: tengkorak kepalanya tertutup atau tidak, diameter kepalanya normal atau tidak, kesan dari otaknya normal atau tidak.
2. Muka: pembentukan bibirnya
3. Dada: tertutup atau tidak
4. Jantung: ada kelainan atau tidak
5. Perut: dinding perut tertutup atau tidak
6. Saluran kemih
7. Tangan dan kaki: pembentukan dan jumlah jari-jarinya
8. Letak placenta: menutupi jalan lahir atau tidak
9. Air ketuban: jumlahnya normal atau tidak
10. Posisi: bagian terendahnya, sudah masuk panggul atau belum (ditanyakan di usia kehamilan 32 Minggu)
Meski banyak pasangan yang khawatir jika tahu ada masalah dalam kehamilan istrinya, akan tetapi ada juga sebagian dari mereka yang merasa ingin tahu kondisi kehamilan yang sebenarnya. Masalah kehamilan yang terdeteksi secara dini pada ibu dan janin tentunya akan memaksimalkan usaha pencegahan komplikasi yang lebih serius. Oleh karena itu, setiap pasangan yang memutuskan untuk melihat perkembangan kehamilan sang istri, jangan lupa untuk meminta kepada dokter untuk melakukan pemeriksaan pada hal-hal yang telah disebutkan di atas.
Penulis : Ummu Mumtaza

Leave A Reply

Your email address will not be published.