Wahai Orang Tua, Didiklah Anak Kita untuk Sebuah Zaman

0 150

Kiblatmuslimah.com – Umar bin Khathab ra berkata, Didiklah anak-anakmu untuk menghadapi zaman yang berbeda dengan zamanmu! Umar ra telah mengingatkan agar mendidik anak-anak untuk sebuah zaman yang berbeda dengan kita.

 

Bisa jadi kita telah mendidik anak-anak dengan memaksa mereka menjadi manusia masa lalu, bukan masa depan. Kita sebagai orang tua tidak atau kurang peka dengan masa depan. Kita sering posisikan anak seperti kita dahulu.  Kita bisa berkaca pada diri ketika ada sesuatu hal yang tidak sesuai, akan kita nisbatkan ke masa lalu. Ah, dulu Ibu begini saja juga bisa, atau Ah, dulu gak pakai beginian juga sukses, dan sebagainya.

 

Apa akibat jika kita tidak menyiapkan generasi yang tanggap dengan zamannya?  Mereka akan menjadi generasi yang tidak mempunyai visi dalam iqamatudin. Generasi yang tidak peka dengan tuntutan zaman. Generasi yang semaunya, tidak mempunyai arah dan tentu saja tidak adanya ruh yang shidiq.

 

Wahai orang tua, mari kita didik anak-anak ntuk menyongsong masa depan. Generasi yang tangguh dalam menghadapi zamannya. Generasi yang mampu memetakan persoalan yang terjadi di zamannya. Generasi yang mempunyai visi, misi dan tujuan yang jelas, agar perjuang terus berlanjut.

By. Nur Yamini

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.