Virus Corona Menggemparkan

0 159

Kiblatmuslimah.com – Dunia kini digemparkan oleh munculnya virus yang mematikan di China. Banyak warganya terinfeksi. Sampai pertengahan bulan Februari 2020 ini, tercatat korban yang meninggal sebanyak 1483 jiwa dari China, belum korban dari belahan dunia lainnya.

 

Awal mula virus ini dikaitkan dengan isu senjata biologis yang sedang dikembangkan di China, yaitu di Laboratorium militer, Wuhan, China. Bahkan ada kabar bahwa virus ini dibawa oleh hewan-hewan liar yang ada di pasar hewan di Wuhan seperti ular dan kelelawar.

 

Sebelum kasus virus ini menggemparkan, seorang dokter mengabarkan bahwa ada virus yang mirip dengan SARS menjangkiti 7 orang yang ia temui. Namun sampai saat ini, belum ada kabar resmi terkait asal muasal virus ini.

 

Hingga kini, belum ada obat yang dapat membasmi virus tersebut. Setidaknya ada langkah pencegahan yang direkomendasikan WHO untuk meminimalisir terjadinya penularan akibat virus ini.

 

  • Biasakan cuci tangan dengan sabun
  • Pakailah masker bila bersinatau batuk
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang flu,batuk atau demam
  • Segera ke pelayanan medis jika demam, batuk dan kesulitan bernafas
  • Hindari kontak langsung dengan hewan saat di pasar
  • Hindari makan dari bahan hewan yang belum matang

 

Seperti yang kita ketahui dari berita viral di sosial media, warga Uyghur tak ada satupun yang tertular virus Corona ini. Dalam artikel disebutkan, hal tersebut dikarenakan perilaku hidup bersih yang diterapkan oleh umat Islam. Wallahu a’lam bish Shawab.

 

Penulis : Nusaibah AF

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200210130620-33-136626/catat-ini-6-langkah-cegah-corona-dari-who

Leave A Reply

Your email address will not be published.