Ustman Bin Affan dan Bani Umayyah  

0 136

 

Kiblatmuslimah.com – Ustman bin Affan menjabat sebagai khalifah umat Islam setelah Umar bin Khattab gugur sebagai syahid akhir bulan Dzulhijjah tahun 23 H. Umar bin Khattab merumuskan sejumlah langkah untuk memilih penggantinya memimpin orang-orang beriman.

Ketika itu, belum ada sistem atau kaidah tertentu yang ditetapkan untuk memilih dan menduduki jabatan kekhalifahan. Dengan demikian, masalah ini masuk dalam lingkaran ijtihad, musyawarah, dan bertukar pikiran untuk mencapai langkah yang paling ideal dalam menduduki jabatan tertinggi ini.

Pemikiran panjang mengantarkannya pada sebuah metode baru yaitu musyawarah sebagai cara ideal untuk menetapkan seorang pemimpin. Langkahnya dengan memilih perwakilan dari enam sahabat yang mendapat kesaksian Rasulullah sebagai ahli surga

Keenam sahabat itu adalah Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Abdurrahman bin Auf, Sa’ad bin Abu Waqqas, Thalhah bin Ubaidillah, dan Zubair bin Al Awwam. Melalui musyawarah yang panjang, terpilih Ustman bin Affan.

Pemilihan Utsman bin Affan sebagai khilafah dipenuhi dengan berbagai jaminan dan dilakukan secepat mungkin agar perjalanan umat terus berkesinambungan.

Pada era ini terjadi propaganda kepalsuan sebagian orang mengenai hubungan Bani Umayyah dengan pemilihan Utsman bin Affan. Eksploitasi terhadap kekhalifahan guna memperkuat posisi di pemerintahan negara Islam. Bisa dikatakan Dinasti Umayyah sejatinya dibangun di era kekhalifahan Ustman bin Affan.

Menurut sebagian peneliti dan kaum cendikiawan dalam pembahasan ini, pendapat itu tidak memiliki bukti historis sama sekali dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Diantaranya, berkaitan dengan hubungan Bani Umayyah dalam pemilihan Ustman bin Affan sebagai khalifah. Berbagai sumber sejarah  yang dapat dipertanggungjawabkan keotentikannya tidak memberikan suatu informasi pun ihwal peran yang dimainkan Bani Umayyah dalam pemilihan ini. Sebab, masalah ini diserahkan kepada para sahabat senior yaitu 6 sahabat yang ditunjuk Umar bin Khattab.

 

Peresume: pramudyazeen

Sumber: Abdussyafi Muhammad Abdul Lathif. 2016. Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Bani Umayyah. Jakarta Timur: Pustaka Al- Kautsar. Hal 30-33.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.