Taman Surga yang Ternodai

0 231

Kiblatmuslimah.com – Ketika beraktivitas sehari-hari, ada masa saat merasakan penat, jenuh, dan melelahkan. Apalagi seorang muslimah ibu rumah tangga yang kesehariannya berkutat dengan rumah, melayani suami dan merawat anak. Tentu saja pernah merasakan kejenuhan yang sangat.

Namun, di tengah aktivitas tersebut, hendaklah seorang muslimah menyempatkan diri untuk mengunjungi taman-taman surga yaitu majelis ilmu. Sebagaimana Rasulullah menekankan kepada umatnya untuk menghadiri undangan spesial, mengunjungi taman-taman surga yang ada di muka bumi.

Nabi bersabda,

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ

“Jika kalian melewati taman surga maka berhentilah.”

Mereka (para shahabat) bertanya, ”Apakah taman surga itu?”

Beliau menjawab, ”Halaqoh dzikir (majelis Ilmu).” (Riwayat At-Tirmidzi)

Ternyata undangan spesial dari Nabi kita adalah menghadiri majelis ilmu. Barang siapa yang memenuhi undangan ini, akan mendapatkan hadiah istimewa langsung dari Allah. Apa saja hadiah itu?

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda,

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allah, mereka membacakan kitabullah dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti. Para malaikat mengelilingi dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada di dekatnya. Barang siapa yang kurang amalannya, maka nasabnya tidak mengangkatnya.” (Riwayat Muslim)

Tidak tanggung-tanggung, Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan langsung empat hal bagi tamu taman-taman surga. Allah turunkan ketenangan dalam hati, berikan rahmat bagi mereka, para malaikat berkumpul di tengah majelis itu, Allah sebutkan orang yang menjadi tamu taman surga itu di hadapan para malaikat-Nya.

Meski demikian, bagi muslimah yang hadir ke majelis ilmu ini, tidak semua mendapatkan kelebihan dan fadhilah mendatanginya. Sebagian mereka lebih memilih comberan di antara mata air yang jernih, lebih menyukai buah busuk di antara buah-buah segar, dan lebih memilih sampah di antara taman bunga yang segar. Sehingga mengakibatkan taman-taman surga mereka ternodai dengan menjadikan majelis ilmu sebagai ajang bergosip, menggunjing, dan mengorek aib saudaranya sendiri. Majelis ilmu diperlakukan layaknya sarang gosip dan pabrik isu. Na’udzubilah min dzalik.

Muslimah hendaklah sadar ketika datang ke majelis ilmu. Selalu luruskan niat agar tak tergelincir ikut menodai taman-taman surga tersebut. Jika sempat melakukan, hendaklah selalu beristigfar. Kalau ada teman yang mengajak untuk bercerita tentang kekurangan orang lain, hendaklah peringatkan bahwa kita berada di taman-taman surga, jangan sampai menodai taman-taman surga ini sehingga terhalang untuk mendapatkan fadhilah dan keutamaannya.

Semoga Allah menjadikan kita sebagai muslimah yang istiqamah dan selalu diberi kesempatan untuk mendatangi taman-taman surga. Semoga Allah menjaga untuk tidak menodai taman-taman surga tersebut. Sehingga bisa mendapatkan fadhilah dan keutamaan dari taman surga Allah. Aamiin.

 

Oleh: Fyrda Ummu Farhat

Leave A Reply

Your email address will not be published.