Spirit Doll, Awas Bahaya Syirik!

0 148

Kiblatmuslimah.com – Beuh…. Namanya cakep banget, Bro! Kayaknya bisa bikin hidup jadi lebih semangat dan bahagia! Spirit doll yang biasa disebut boneka arwah ini, bahkan menjadi tren di kalangan artis. Seolah ada nilai lebih kalau udah memilikinya.

 

Kabarnya, ini bukan boneka sembarangan. Menurut salah seorang artis yang juga mempunyai boneka ini, mereka yang mengadopsi harus mau merawat sebaik-baiknya. Boneka arwah ini akan makan dan minum layaknya bayi manusia. Juga punya perasaan sehingga kalau ada kesalahan dalam pengasuhan, seperti tidak sengaja jatuh atau ngata-ngatain, ya harus minta maaf.

 

Kenapa disebut boneka arwah? Menurut para pemiliknya, dalam boneka ini dimasuki roh, yaitu arwah bayi yang meninggal akibat aborsi atau anak yang menjadi korban kekerasan orang tuanya sehingga meninggal.

 

Waah…. Ngeri-ngeri aneh, nih! Gimana, engga? Di zaman milenial seperti ini, para artis yang tentu saja dikenal tajir dan berpendidikan tinggi, masih percaya pada hal-hal tidak masuk akal. Dalihnya bisa beragam. Mulai dari mendatangkan keberuntungan, ketenangan, sampai pada prasangka mendekatkan diri kepada Allah (Tuhan).

 

Dalam kacamata Islam, ritual mendekatkan diri kepada Allah identik dalam ibadah. Sedangkan ibadah memiliki syarat tertentu yang harus diikuti, yaitu niat yang ikhlas dan cara yang sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Seseorang yang beribadah tanpa tuntunan yang benar, dapat masuk ke lubang syubhat yang menggiring pelaku pada dosa-dosa besar.

 

Kalau kita kaji dengan akal sehat, memelihara boneka arwah ini sangat berisiko, karena akan membawa si pemilik pada kesyirikan. Sadar atau tidak, ia kemudian akan menganggap keberuntungan, kebahagiaan, ketenangan batin, datang dari spirit doll peliharaannya. Bukan lagi dari Allah ta’ala.

 

Majelis Ulama Indonesia sendiri mengimbau umat Islam untuk tidak memperlakukan boneka seperti anak. Rasulullah tidak melarang Aisyah ra bermain boneka, sebagaimana anak perempuan bermain-main. Tetapi kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah, hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus. Kalau disembah musyrik, tapi jika berteman saja berarti berteman dengan jin. Tidak hanya MUI, dalam rilisnya ormas besar sekelas NU dan Muhammadiyah, juga telah melarang memiliki spirit doll ini.

 

Dalam kitab-Nya yang Mulia, Allah telah memberikan petunjuk. Manusia yang meminta pertolongan kepada selain Allah akan selalu ada dari masa ke masa. Penyembah berhala tidak hanya terjadi pada zaman Rasulullah Muhammad saw, bahkan jauh sebelumnya hingga hari ini.

 

وَأَنَّهُۥ كَانَ رِجَالٞ مِّنَ ٱلۡإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٖ مِّنَ ٱلۡجِنِّ فَزَادُوهُمۡ رَهَقٗا

 

“Dan sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari jin, tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) bertambah sesat.” (Surat Al-Jinn, ayat 6)

 

Lalu apa yang mesti kita lakukan? Ya belajar, Bro…. Biar kata ini zaman milenial, tapi memahami agama dengan benar, mengkaji Al Qur’an bersama orang-orang ‘alim yang lurus aqidahnya adalah kewajiban setiap muslim. Agar ia selamat dunia akhirat di zaman penuh fitnah yang kian hari kian tak tentu arah. (LaylaTM)

 

 

. .

Leave A Reply

Your email address will not be published.