Selamat Tinggal Perut Buncit

0 110

Kiblatmuslimah.com – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya. Cukup baginya memakan beberapa suapan sekadar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga). Jika tidak mau, ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk nafasnya.”

 

Begitu indahnya Islam mengatur kehidupan seorang muslim mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, tidak kerkecuali bab makan. Sebagaimana hadits yang tersebut di atas, seorang muslim disunahkan untuk membagi lambungnya menjadi 3. Sepertiga padat, sepertiga cair dan sepertiga yang lainnya udara. Tentu ada manfaat jika Rasulullah memberikan contoh seperti itu.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa kekenyangan menimbulkan efek yang kurang baik untuk tubuh. Apalagi jika tidak dibarengi aktivitas fisik yang dapat membakar kalori. Hal tersebut dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Tak jarang ditemui perut yang menjadi buncit.

 

Tahukan Anda bahwa perut buncit berisiko menimbulkan penyakit di kemudian hari? Mulai terkena kolesterol hingga diabetes melitus. Katakan selamat tinggal untuk perut buncit mulai sekarang!

 

Berikut penyebab perut buncit yang disebutkan dr. Ema dalam chanel youtubenya:

  1. Genetik atau keturunan
  2. Mengonsumsi lemak jahat seperti gorengan, jeroan dll
  3. Sering mengonsumsi yang manis-manis
  4. Makan sebelum tidur
  5. Stres
  6. Kurang istirahat dan tidur, termasuk insomnia
  7. Aktivitas harian yang kurang aktif

 

  1. Ema menyebutkan juga cara mencegah perut buncit yaitu:
  2. Melakukan aktivitas fisik
  3. Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak/gula yang tinggi
  4. Hindari stres, begadang, dan usahakan tidur cukup
  5. Tidak mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol

 

Cara mengatasi perut buncit, di antaranya:

  1. Mengontrol porsi makan dan pilih makan dengan tinggi serat. dr.zaidul Akbar pernah menyebutkan dalam tausiyahnya bahwa sebenarnya tubuh tidak butuh kalori. Namuntubuh membutuhkan nutrisi. Jadi, kurangilah karbohidrat.
  2. Pilih minuman yang dapat membantu mengecilkan perut buncit. Misal, air putih ditambah jeruk nipis, teh hijau dengan jeruk nipis atau sejenis air infuse water
  3. Pilih olahraga yang dapat membantu mengencangkan otot perut

 

Beberapa jenis olahraga yang dirancang khusus untuk mengencangkan perut Anda adalah pilates, sit-up, berenang, berjalan kaki, dan latihan kardio umum. Jangan lupa untuk menahan perut sepanjang latihan.

 

Demikianlah beberapa usaha agar kita bisa mengucapkan selamat tinggal perut buncit dengan usaha yang nyata.

 

 

 

Penulis: Fauza R

 

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=fxZrMBGU_TM

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.