Pre Marital Check Up, Pentingkah?

0 155

Kiblatmuslimah.com – Menikah merupakan suatu ibadah yang didamba setiap muslim. Dengan menikah maka separuh agama ini sudah terpenuhi. Tinggal menyempurnakan separuhnya lagi dengan ibadah-ibadah yang lain.

 

Dalam hadis, Rasulullah menerangkan tentang memilih pasangan dilihat dari empat hal. Hal tersebut yaitu kecantikan, nasab, harta dan agamanya. Pilihlah karena kebaikan agamanya maka engkau akan beruntung.

 

Kemudian, apakah kesehatan tidak termasuk di dalamnya? Riwayat kesehatan boleh kita tanyakan pada calon pasangan. Lalu ada yang sempat tren di kalangan calon pengantin saat akan menikah, yaitu pemeriksaan kesehatan sebelumnya. Dengan pemeriksaan ini, kita dapat mengetahui adanya penyakit menular atau serius yang harus diwaspadai dan dapat menurun ke keturunannya kelak.

 

Definisi Pre Marital Check Up

 

Pre marital check up adalah rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pasangan sebelum menikah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menguji adanya penyakit genetik serta infeksi menular yang berguna untuk mencegah penularannya dari pasangan ke calon anak kelak.

 

Pre marital check up baik dilakukan untuk mengupayakan generasi yang sehat. Namun, bila niat menikah adalah untuk mencari ridha Allah maka pemeriksaan ini tidak begitu berpengaruh meskipun hasilnya buruk. Setidaknya dengan melakukan pemeriksaan ini, calon pengantin jadi lebih waspada atau berhati-hati dalam menjaga kesehatannya.

 

Pre marital check up ini sudah banyak ditawarkan di rumah sakit maupun laboratorium klinik. Apabila Anda ingin memeriksakan kesehatan sebelum menikah, konsultasikan terlebih dahulu pada penyedia jasa layanan agar mendapat penjelasan lebih lanjut terkait hasilnya.

[Fauz]

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.