Pizza Instan Pakai Teflon

0 145

Kiblatmuslimah.com – Pizza adalah makanan sejenis roti bundar dan pipih. Biasanya dipanggang di oven dan dilumuri saus tomat serta keju. Dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa kita pilih.
Pizza sekarang tak hanya bisa didapatkan di restoran ataupun toko kue. Sekarang tanpa mahal kita bisa membuatnya di rumah dan menikmati sepuasnya.
Bukan pertama kalinya bikin pizza pakai teflon. Aasannya masih sama, malas pakai oven atau tidak punya oven. Tapi, inilah hasil pizza tanpa oven. Bagian atasnya pucat walaupun tetap matang.
Resepnya saya adaptasi dari buku “Complete Book of Breads” karya Bernard Clayton, Jr.
Mudah kok bikin pizza ini. Tidak perlu diulen lama-lama. Tidak butuh waktu lama juga untuk resting (istirahatkan-red) adonan dan yang pasti hasilnya bagus. Buat penggemar pizza empuk dan lembut, silahkan coba resep ini!

INSTANT BLEND PIZZA
Modif: Rani Fadilla

#Bahan:
– 300 gr tepung serbaguna/bread flour (saya pakai tepung protein rendah…and it works!! ternyata hasilnya oke juga)
– 1 sdt ragi instan
– 120 ml susu cair hangat
– 90 ml air hangat
– 2 sdm minyak goreng
– 1 sdm gula pasir
– 1 sdt garam

#CaraMembuat:
1. Campur tepung dan ragi, aduk rata.
2. Campur semua sisa bahan, aduk rata sampai gula dan garam larut. Tuang ke #1. Aduk dengan sendok sampai rata selama 5 menit. Oles tipis telapak tangan dengan margarin/minyak, padatkan dan bulatkan adonan. Tutup dengan lap lembab, resting selama 20 menit.
3. Setelah resting, kempiskan adonan. Ulen kembali selama 30 detik sampai dough (adonan-red) padat lagi. (Oles tangan dengan margarine/minyak bila lengket).
4. Pindahkan dough ke teflon yang sudah dioles tipis margarin. Tipiskan dough sesuai selera dan sesuai ukuran teflon. Tusuk-tusuk permukaan dough dengan garpu. Olesi dengan saus favorit & beri topping.
5. Masak dengan api kecil sambil ditutup, agar panasnya merata selama +/- 15 menit atau sampai matang. Sebaiknya teflon disangga agak tinggi, agar api tidak langsung menyentuh bagian bawah teflon. Supaya bagian bawah pizza tidak mudah gosong. Done!!!

#Note:
* Saya isi pinggirannya dengan mozzarela. Topping saya pakai daging cincang saus bolognaise, sosis sapi, irisan tomat, bawang bombay dan mozzarela.
* Saya pakai teflon diameter 28 cm, hasilnya empuk & tebal sekitar 2 cm. Dough bisa dibagi menjadi 2-3 adonan untuk teflon yang lebih kecil.

Sudah bisa dibayangkan rasa dan aroma sedapnya, kan? Yuk agendakan cooking class di hari libur! Kita coba pizzanya bersama anak-anak di rumah.

Selamat menikmati.

Naskah milik Rani Fadilla
Ditulis ulang oleh Zahwa style solo

Leave A Reply

Your email address will not be published.