Pernak-Pernik Pernikahan

0 125

Judul: Pernak Pernik Pernikahan
Penulis: Arif Gunawan
Tebal: 135 hlm
Penerbit: Hanggar Kreator
Tahun Terbit: 2010
ISBN: 978-979-24-0463-0
Peresensi: A. Madjid

Kiblatmuslimah.com – Cemas adalah kata yang mewakili setiap jiwa yang belum punya persiapan matang. Termasuk perihal pernikahan. Ditulis oleh seorang sarjana psikologi, buku ini cukup baik dalam menyelami rasa cemas yang sering menghinggapi dua insan yang hendak menautkan rasa ataupun para pasangan muda.

Meski ada 3 bab dalam buku kecil ini, setidaknya bisa disimpulkan ke dalam 2 garis besar. Pertama, cara menghadapi tekanan psikis pra menikah. Mulai dari pernak-pernik menuju pernikahan impian, bentuk konsep rumah tangga pasangan muda nanti, bahkan hingga membahas tips menyikapi gunjingan orang tentang makna menikahi “daun muda”.

Kedua, perihal pernak-pernik pascamenikah, mulai dari hal ekonomi hingga psikologi. Tentang cara memunculkan kebahagiaan lahir maupun batin, termasuk edukasi seks. Sangat membantu bagi mereka yang benar-benar “polos” akan hal ini.

Kelebihannya, buku ini memang lebih fokus pada hal sepele tetapi bisa berdampak besar jika diabaikan. Cukup direkomendasikan bagi mereka yang masih bingung mau mulai dari mana untuk membahas persiapan berumah tangga. Bahkan untuk sekadar pengingat agar keramas di malam hari sebelum besoknya dirias, pun ada. Agar tak masuk angin katanya.

Selebihnya, berisi bantahan mitos yang sering membuat was-was dan maju mundur untuk menikah seperti kecemasan dalam pengelolaan finasial serta hak dan kewajiban yang sering tak terpikirkan. Dibahas secara mendetail dengan pendekatan psikologis yang tentunya lebih mudah diserap oleh otak dan rasa pembacanya.

#YukBaca #BacaYuk #ResensiJuni

Leave A Reply

Your email address will not be published.