Perjalanan Keilmuan Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab

0 146

Kiblatmuslimah.com – Muhammad bin ‘Abdul Wahhab adalah ulama terkenal di Arab Saudi serta dunia. Beliau lahir di desa yang terkenal di Yamamah, yaitu daerah Nejed, barat laut kota Riyadh. Jarak antara daerah tersebut dengan Riyadh kira-kira 70 km. Dilahirkan pada tahun 1115 H, ini merupakan pendapat yang masyhur dan umum tentang kelahirannya.

Muhammad bin ‘Abdul Wahhab tumbuh dalam pendidikan yang baik di bawah tangan dingin ayahanda tercinta yang merupakan ulama besar dan ahli fiqh. Seorang alim yang handal dan qadhi (hakim) di desa ‘Uyainah, beliau adalah Syaikh ‘Abdul Wahab bin Sulaiman.

Muhammad bin ‘Abdul Wahhab saat mencapai baligh melakukan ibadah haji sekaligus menimba ilmu agama dari beberapa ulama Mekkah. Begitu pula saat melanjutkan perjalanan ke Madinah, beliau  bertatap muka dan menimba ilmu dengan dua ulama besar dan kenamaan di sana pada masa itu.

Pertama yaitu Syaikh ‘Abdullah bin Ibrahim bin Saif an-Najdi, berasal dari daerah Majma’ah. Ayahanda dari Syaikh Ibrahim bin ‘Abdullah, pengarang kitab al-‘Adzb al-Faidh fi ’ilm al-fara’idh. Kedua yakni Syaikh Muhammad Hayat As-Sindi, ulama besar di Madinah. Selain dari dua ulama besar tersebut, tidak  menutup kemungkinan beliau juga belajar dengan yang lain.

Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab melanjutkan perantauannya dalam menimba ilmu selain Mekkah dan Madinah, menuju Basrah, negeri Iraq.

 

Referensi: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz. 1419 H. Imam Muhammad bin ‘Abdul Wahhab Dakwah dan Jejak Perjuangannya. Megatama Offset.

By. Rika Ummu Salma

Leave A Reply

Your email address will not be published.