Pentingnya Mengetahui Jam Piket Organ Tubuh Manusia

0 193

Kiblatmuslimah.com – Ternyata tidak hanya rutinitas kita saja yang mempunyai jadwal aktivitas atau piket, organ tubuh juga punya. Jam piket (biologis) yang bekerja secara rutin menentukan frekuensi kerja dari organ-organ tubuh dan pengaturan dalam beraktivitas sehari-hari.

Agar tubuh bekerja dengan baik dan mengantisipasi terjadinya berbagai gangguan kesehatan, kita harus mengenalnya dengan mengetahui jam piket organ. Kita bisa mengontrol dan mengonsumsi nutrisi dari makanan/minuman dengan baik, juga vitamin serta pengobatan.

 

Pada jam tertentu, seharusnya organ beraktivitas atau istirahat. Jam piket ini disesuaikan dengan kondisi kerja organ tubuh sebagai petunjuk untuk melakukan kegiatan dan rehat. Misalnya, pada pagi hari (pukul 05.00-07.00), organ usus besar sedang piket bekerja kuat, maka dianjurkan untuk segera buang air besar dan tidak boleh menahannya. Ketika terbiasa menahan buang air besar yang terlihat sepele, lama-kelamaan akan berdampak negatif terhadap kesehatan.

 

Inti jam piket organ tubuh yaitu menjadi pedoman untuk menentukan pola makan dan hidup sehat. Dengan mengetahui jam piket organ tubuh, kita bisa melakukan aktivitas tertentu yang akan membantu kerja organ tubuh bekerja maksimal. Bahkan akan bekerja secara optimal saat lemah.

Mengetahui jam organ tubuh sebagai salah satu ikhtiar untuk menjaga dan mensyukuri nikmat sehat yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Salam sehat. To be continued ….

By.Rika Ummu Salma

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.