Pendidikan Anak Membutuhkan Pertolongan Allah

0 123

Kiblatmuslimah.com – Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

” Setiap kalian adalah pemimpin dan akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya. Lelaki adalah pemimpin di keluarganya dan akan ditanya tentang apa yang dia pimpin. Wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan akan ditanya tentang apa yang dia pimpin. Lelaki adalah pemimpin pada harta bapaknya dan akan ditanya tentang apa yang dia pimpin. Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin dan akan ditanya tentang apa yang dia pimpin. ” (Muttafaqun alaih)

Mendidik anak di samping sebuah kewajiban, merupakan salah satu sarana ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Mendidik anak perlu kesabaran, ketelatenan, dan diperlukan  kesiapan menempuh jalan panjang dan tenaga ekstra yang hasilnya tidak segera dapat kita rasakan. Padahal energi sudah terkuras sedemikian rupa.

Satu hal yang tak kalah penting dan harus disadari bahwa titik tolak, tujuan dan prinsip pendidikan kita sebagai umat Islam sangat berbeda dengan masyarakat barat. Tidak tepat kalau mengadopsi sistem pendidikan mereka sampai ketataran teknisnya. Rumusan pendidikan mereka dilatarbelakangi prinsip fundamental dan matrealistik yang sama sekali tidak sejalan dengan prinsip pendidikan muslim.

Sebelum menerapkan program pendidikan apapun bentuknya, saat menjalankannya dan setelahnya, jangan lupa selalu memohon pertolongan dan berdoa kepada Allah Ta’ala. Agar anak-anak yang dididik menjadi orang-orang shalih di dunia.

Dalam kitab Al-Qur’an, banyak doa untuk anak. Misalnya Nabi Ibrahim ‘alaihis salam meminta agar dikarunia anak-anak shalih;

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ    

Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang shalih.” (QS. Ash-Shaffat: 100)

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

“Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (QS. QS. Ali-Imron: 38)

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

 “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon: 74)

Dikisahkan ada seseorang yang dilihat anaknya sering shalat dan berdoa di waktu malam dan sahur. Anaknya bertanya, “Ayah, saya lihat engkau sering bangun dan shalat malam. Untuk apakah?

Ia menjawab, “Karena mendoakanmu, anakku.”

Jika orang tua mampu untuk meminta pertolongan kepada Allah dan memohon kepada-Nya agar anak-anak Anda dan kaum muslimin menjadi orang-orang shalih, maka lakukanlah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.