Tindak Lanjut Pembangunan Masjid Solo Raya di Sriwedari Solo

0 123

 

Di Taman Sriwedari Solo

www.kiblatmuslimah.com- Ahad (28/01), Depan Gapura Utara Sriwedari pukul 13.00 WIB. Undangan jumpa pers kepada rekan wartawan di Surakarta digelar oleh Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) terkait Rencana Pembangunan Masjid Raya Solo di Sriwedari.  Undangan ini dihadiri para wartawan dari berbagai media diantaranya: Tempo, Suara Merdeka, Panjimas, Jurnalis Islam dan dari berbagai media Surakarta lainnya.

Sehubung dengan rencana Pemerintahan Kota Surakarta yang akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Solo di Sriwedari pada tanggal 5 februari 2018. Adapun Dewan Syari’ah Kota Surakarta (DSKS) memberikan masukan dan pertimbangan dalam bentuk surat Press Release No. 01/DSKS/VI/1439 kepada Walikota Surakarta untuk membatalkan ataupun menunda pelaksanaan pembangunan masjid tersebut.

Adapun pertimbangan dari DSKS sebagai berikut :

Belum ada kerelaan dari ahli waris Wiryodiningrat.

Bahwa saat ini taman Sriwedari sedang dalam proses eksekusi oleh Pengadilan negeri Surakarta.

Kembali mengingatkan bahwa putusan Peninjauan Kembali (PK) dari Pihak Pemkot Surakarta ditolak oleh Mahkamah Agung (MA), artinya bahwa tanah Sriwedari seluas 99.889 meter persegi adalah milik Ahli Waris Wiryodiningrat sebagaimana PK MA No. 487-PK/PDT/2015 pada 10 Februari 2016.

Pembangunan tempat ibadah harus melalui proses yang jujur, benar dan didasari oleh ketaqwaan yang Maha Esa.

 

Untuk itu DSKS mengusulkan kepada Pemerintah Kota Surakarta terkait pembangunan masjid tersebut dengan mengkomunikasikan kepada ahli waris Wiryodiningrat terkait rencana Pembangunan Masjid Raya Solo di Sriwedari dan mengganti tempat pembangunan masjid tidak di Sriwedari, misal di lahan bekas bangunan Polwil Surakarta.

Semoga usulan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) melalui undangan ini dapat dipertimbangkan oleh Pemerintah Kota Surakarta dengan baik dan bijaksana. Dan semoga Allah memudahkan urusan kita semua.

Aamin..

 

Reporter : Sania

Editor : Hammamah

Leave A Reply

Your email address will not be published.