Pagelaran Ageng Horsebow Sukoharjo

0 186

Kiblatmuslimah.com – Sukoharjo, Ahad (16/02/2020), mentari telah beranjak dari peraduan, sinarnya membuat badan basah berkeringat.

Suara takbir sayup-sayup terdengar, seremoni Pembukaan “Pagelaran Ageng Horsebow Sukoharjo 2020” selesai. Acara telah dibuka oleh pihak Kelurahan Gentan. Tempat berlangsungnya acara di Lapangan Kompleks Masjid Baitul Makmur, Gentan, Bendosari, Sukoharjo.

Pagelaran diawali dengan parade pemanah berkuda yang melakukan atraksi tangguhnya. Derap kuda yang gagah dan pekikan takbir membuat semangat di dada bergejolak ingin melaksanakan Sunnah Rasul-Nya dalam berolahraga memanah dan berkuda, Masya Allah.

Pagelaran Ageng Horsebow, tidak hanya diikuti oleh para ikhwan tapi juga anak-anak, akhwat, dan ummahat. Seluruhnya hampir 310 peserta yang ikut memeriahkan pagelaran tersebut.

Walau sinar mentari cukup menyengat dan lapangan becek karena sebelumnya diguyur hujan, tidak membuat para peserta patah semangat dalam mengikuti, terutama anak-anak dan akhwat ummahat.

Pagelaran Ageng Horsebow kali ini membuka tiga kategori lomba yaitu:

– Horsebow dewasa, jarak 40-50 m

– Horsebow dewasa akhwat, jarak 35 m

– Horsebow anak usia 10 th (jarak 15 m) dan usia 15th (jarak 25 m)

Pagelaran juga diramaikan oleh stand-stand toko peralatan dan aksesori panahan serta berkuda. Tidak hanya stand-stand jualan, banyak pula para donatur dari kedai kopi, bubur ayam dan bubur jagung, juga nasi sayur. Donatur memeriahkan pagelaran dengan memberikan makanan dan minuman gratis kepada panitia, peserta dan para penonton. Masya Allah, tabarakallahu fihum.

Pagelaran yang diselenggarakan oleh PORDASI (Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia), PERDANA (Persatuan Pemanah Berkuda Indonesia) dan Fursan Klub Sukoharjo, berjalan dengan sukses. Semoga Pagelaran Ageng Horsebow Sukoharjo bisa sebagai ajang membumikan Sunnah Rasulullah SAW, yaitu memanah dan berkuda. [Rie]

Leave A Reply

Your email address will not be published.