Nak, Ayo Masak!

0 7

Kiblatmuslimah.com – Melibatkan si kecil dalam kegiatan bersama orang tua memiliki banyak manfaat, antara lain:

Pertama, penguatan bonding (ikatan, hubungan, red) antara anak dengan orang tua. Bagaimanapun, kita menyadari bahwa kita tidak memiliki cukup waktu luang untuk membersamai anak-anak. Karena itu, melibatkan mereka dalam setiap kegiatan kita, bisa menjadi alternatif quality time (waktu yang berkualitas, red).

Kedua, menumbuhkan sikap simpati dan empati anak terhadap kesibukan dan kerepotan orang tuanya. Anak yang empati kepada orang tuanya akan lebih bijak dalam mengelola kebutuhan dan keinginannya sehingga secara tidak langsung telah membantu orang tuanya.

Ketiga, membekali ananda dengan keterampilan hidup. Hal tersebut akan bermanfaat di sepanjang kehidupan anak. Sesederhana apapun, life skill (keterampilan hidup, red) tetap dibutuhkan oleh setiap anak. Bahkan jika dibiasakan sejak kecil, akan sangat membantu kehidupan anak ketika dewasa dan hidup terpisah dari orang tua.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama si kecil adalah memasak. Memasak adalah kegiatan mengolah bahan makanan tertentu sehingga menjadi jenis makanan yang berbeda dan menimbulkan selera untuk disantap.

Ada banyak cara memasak, dan banyak pula sarana yang bisa digunakan untuk memasak. Untuk melibatkan anak yang masih kecil dalam kegiatan memasak, orang tua bisa memilih kegiatan yang tidak membutuhkan banyak alat dan tidak perlu menggunakan benda tajam, api, maupun listrik.

Salah satu resep sederhana yang aman untuk dimasak oleh anak-anak mulai usia 2 tahun adalah Bola-Bola Roti Cokelat. Berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan:

1 bungkus roti Marie susu (merek bebas)

2 saset Susu Kental Manis cokelat

Alat-alat:

Cobek dan ulegan (untuk menghaluskan)

Mangkuk

Sendok

Cara Membuat:

  1. Ajaklah ananda untuk mencuci tangan sebelum memasak.
  2. Haluskan roti marie menggunakan cobek dan ulegan yang sudah dialasi plastik bersih.
  3. Tambahkan susu dan aduk menggunakan sendok hingga merata (batita bisa membantu mengaduk dengan tangan untuk belajar sensori).
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Bagian ini agak sulit untuk anak-anak, jadi orang tua bisa terus menyemangati.
  5. Simpan dalam kulkas sejenak agar bola-bola cokelat tidak mudah hancur.
  6. Bola-bola cokelat siap disajikan.

Alhamdulillah, acara masak bersama Ananda telah selesai. Orang tua bisa mencoba variasi resep lain.

Penulis:

Editor: UmmA

Leave A Reply

Your email address will not be published.