Muslimah Cerdas Memanfaatkan Waktu (Bagian 2)

0 49

Kiblatmuslimah.com-

Miliki Perencanaan dan Prioritas            

Perencanaan adalah poin penting yang harus diperhatikan. Perencanaan waktu atas rutinitas kehidupan, akan membuat hidup kita lebih teratur. Hal ini bisa kita mulai dengan menyusun agenda harian, pekanan, bulanan, dst, termasuk juga target yang ingin kita capai.

Hal ini akan membantu mengingatkan kita atas tugas-tugas yang harus dikerjakan sekaligus deadline-nya. Bahkan dalam pekerjaan rumah tangga hal ini juga sangat bermanfaat. Para ibu bisa menuliskan daftar pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan serta deadline-nya kemudian menempelkannya di tempat yang terlihat, misalnya kapan harus shalat sunnah, tilawah, membaca buku, mencuci piring, berbelanja, menyuapi si kecil, mengajak anak-anak berjalan-jalan, mengajarkan Al-Quran pada anak, dll. Di samping membantu kita dalam mengelola aktivitas pribadi, anak-anak pun akan lebih terbiasa dalam keteraturan rutinitas kegiatan mereka. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan dengan kebutuhan rutinitas masing-masing.

Salah satu hal yang juga membantu kita dalam melakukan manajemen waktu dan aktivitas adalah penentuan prioritas dalam `status hukum` aktivitas tersebut. Status hukum disini maksudnya adalah kategori wajib, sunah, mubah, dst. Yang wajib tentu saja menjadi yang paling diprioritaskan. Misalnya, kita harus berusaha menyediakan waktu untuk bisa shalat tepat waktu di tengah-tengah kesibukan saat bekerja, belajar, memasak, atau selainnya.

Di antara virus perusak manajemen waktu dan aktivitas adalah suka menunda pekerjaan. Padahal, Islam mengajarkan kepada kita untuk segera beralih kepada pekerjaan yang lain apabila pekerjaan yang sebelumnya telah usai. “Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sunguh (urusan yang lain)“ (QS Al-Insyirah:7). Kewajiban kita lebih banyak dari waktu yang tersedia, karenanya kita harus berusa mempercepat dan menyederhanakan pengerjaannya.

Manfaatkan Sebelum Terlambat

Memanfaatkan waktu dan kesempatan yang diberikan Allah, ada pada 5 hal, yaitu sehat sebelum sakit, lapang sebelum sempit, muda sebelum tua, kaya sebelum miskin, dan hidup sebelum mati. Maka, sebelum terlambat, hendaknya kita tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting sehingga membuat kita lalai terhadap waktu.

Tiap menit dalam kehidupan kita amatlah besar nilainya. Tak ada seorang pun yang bisa mengembalikan menit-menit yang telah berlalu, bahkan satu detik pun. Namun, pada kenyataannya ‘sesuatu paling berharga’ bernama waktu yang harus kita jaga tersebut, justru menjadi ‘sesuatu yang paling mudah hilang’ karena kelalaian kita. Semoga kita menjadi orang yang menyesal di dunia ini dan berkesempatan untuk memperbaikinya. Bukan termasuk orang-orang yang menyesal di akhirat, yang kemudian tak bisa melakukan apa-apa. Wallahul musta’an.

(Ummu Aman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.