Mudahkan Urusan Saudarimu!

0 4.198

 

Kiblatmuslimah.com – Memudahkan urusan orang lain adalah sebuah perkara yang sangat mulia dan dianjurkan di dalam Islam, karena perbuatan ini menunjukkan pada akhlak yang  baik kepada sesama makhluk. Apalagi sesama wanita muslimah.

Sebagai wanita muslimah, hal ini merupakan sesuatu yang harus dijadikan motto dalam kehidupan, yakni memudahkan urusan saudari-saudari kita yang sedang membutuhkan. Kebaikan ini merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan asalkan kita mau.

Jangan sampai kita menjadi seorang muslimah yang tidak pernah ingin membantu saudari-saudari kita yang sedang membutuhkan atau bahkan sebaliknya suka mempersulit urusan orang lain. Muslimah shalihah adalah muslimah yang sedih ketika melihat saudarinya tertimpa musibah dan hatinya akan tergerak untuk segera membantunya. Hal tersebut karena seorang muslimah shalihah tahu bahwa ketika ia mempermudah urusan saudaranya, ia juga akan mendapatkan kemudahan dari Rabbnya, sesuai dengan apa yang telah dikabarkan oleh Rasulullah.

Dalam sebuah hadist dari  Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda, “Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya.” (HR.Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An-Nawawi, hadits ke-36)

Hadist di atas memberikan kabar gembira kepada setiap orang yang suka memudahkan urusan lain yakni mereka akan mendapatkan pertolongan dari Allah setiap kali mereka memberikan pertolongan kepada orang lain. Apakah penawaran ini tidak menggiurkan, wahai saudariku muslimah?

Bukankah kita juga suatu saat akan membutuhkan bantuan orang lain? Bukankah kita tahu bahwa roda kehidupan selalu berputar? Dan bukankah kita tahu bahwa kehidupan tidak selamanya menjanjikan kesenangan? Maka jadikan diri kita termasuk golongan orang yang suka memudahkan urusan orang lain! Karena kelak ketika kita dalam kesusahan, Allah sendiri yang akan memberikan kita pertolongan. Kita telah melakukan penyebab pertolongan itu, yakni dengan mempermudah urusan orang lain.

Dalam memudahkan urusan ini tidak semata-semata dalam bentuk materi tapi bisa juga dalam bentuk moril. Sebagai contoh ketika teman kita sedang menghadapi kesedihan, maka tugas kita adalah menghiburnya agar ia terlepas dari kesedihan tersebut dan ketika teman kita lagi menghadapi masalah maka jadilah kita orang yang terdepan untuk membantunya.

Maka Saudari muslimah, jadilah engkau seorang muslimah yang suka memudahkan urusan orang lain, luangkan waktumu untuk membantu saudari-saudarimu. Dan satu hal yang harus ada dalam motto hidupmu adalah, “Permudah urusan saudarimu, maka Allah akan memudahkan urusan dunia dan akhiratmu.” [Syifa Azzahra]

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.