Muhamad Jefri Tewas, KontraS: Polri Harus Bertanggung jawab

0 90

Kiblatmuslimah.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mempertanyakan tanggung jawab kepolisian dalam kasus kematian Muhamad Jefri (MJ) saat berada di bawah penguasaan tim Densus 88.

MJ ditangkap atas dugaan terlibat dalam kasus terorisme. Saat  ditangkap MJ diketahui dalam keadaan sehat.

Selain itu, menurut pihak keluarga, penangkapan MJ juga tidak disertai surat perintah penangkapan dan penahanan.

“Kami juga menyayangkan penjelasan mengenai kematian MJ baru disampaikan oleh Polri pada 15 Februari 2018 atau satu minggu setelah kematian MJ. Tepatnya  setelah media massa memberitakan peristiwa ini,” ungkap koordinator KontraS, Yati Andriyani, dalam rilis yang diterima Kiblatmuslimah.com, Jumat (16/2).

Dalam penjelasan yang disampaikan Polri mengenai kasus ini, Yati  menilai masih terdapat ketidakjelasan informasi dan potensi kecacatan dalam operasi pemberantasan terorisme oleh tim Densus 88.

Menurutnya, dalam kasus ini tidak dijelaskan secara terbuka teknis penanganan para terduga terorisme atau dugaan tindak pidana lainnya, saat berada di bawah penguasaan tim Densus 88.

“Bagaimana perlakuan terhadap mereka yang memiliki penyakit atau riwayat penyakit yang dapat mematikan, seperti serangan jantung atau lainnya. Dan metode pendekatan atau penggalian informasi seperti apa yang seharusnya dilakukan,” ujarnya.

Jika benar yang bersangkutan meninggal karena serangan jantung, lanjutnya, patut dipertanyakan tindakan Densus 88 yang membuat MJ mengalaminya. Sebagaimana diketahui, serangan jantung dapat terjadi akibat kondisi dan situasi tertentu.

“Rangkaian peristiwa yang memicu serangan jantung itu terjadi harus didalami, mengingat MJ tewas saat tengah berada di bawah penguasaan Densus 88,” jelasnya.

Dia meminta hal ini dijelaskan dan dipertanggungjawabkan jika terbukti serangan jantung terjadi karena adanya kelalaian. Berupa perlakuan yang tidak patut terhadap terduga tindak pidana yang memiliki riwayat atau indikasi penyakit tertentu.[Anis]

Leave A Reply

Your email address will not be published.