Mewaspadai Otitis Media Akut pada Anak

0 206

Kiblatmuslimah.com – Ketika anak merengek karena sakit, Bunda tentu khawatir dan kasihan bukan? Pasti Bunda segera ingin tahu penyebab si buah hati sampai merengek kesakitan. Biasanya penyebab anak merengek kesakitan karena sedang tidak nyaman dengan penyakitnya. Penyakit anak tentunya ada banyak macamnya, oleh karena itu Bunda harus jeli dan teliti bertanya dan memperhatikan kondisi anak. Salah satu penyakit yang lebih sering diderita oleh anak-anak daripada orang dewasa adalah Otitis Media Akut atau disingkat dengan OMA.

Apa itu OMA?

OMA atau lebih dikenal dengan “congekan” adalah suatu infeksi yang disebabkan masuknya bakteri ke telinga tengah (smiltzer, 2001). Infeksi ini dapat terjadi pada semua usia, namun paling sering diderita oleh bayi dan anak-anak dibandingkan orang dewasa.

Apa Saja Gejalanya?

  • Perasaan nyeri di dalam telinga
  • Deman (bisa menyebabkan gelisah pada anak)
  • Sulit tidur
  • Keluarnya cairan nanah dari dalam telinga yang berbau busuk.

Apa Penyebabnya?

OmA disebabkan oleh bakteri piogenik (bakteri yang menimbulkan nanah), seperti streptococcushemoliticus, staphylococcus aureus, pneumococcus dan haemophilus influenza.

Telinga tengah biasanya steril, artinya bebas dari semua jenis kuman. Namun, kuman yang terdapat pada hidung, rongga mulut dan saluran pernafasan atas dapat masuk ke telinga tengah apabila mekanisme pencegahan masuknya kuman oleh silia (sejenis rambut-rambut halus) di dinding Tuba Eustachius mengalami suatu gangguan.

Tuba Eustachius adalah saluran yg menghubungkan antara lubang telinga (muaranya di telinga tengah) dengan rongga mulut. Saluran ini hanya akan terbuka ketika menelan, menguap, atau ketika menggerakan rahang dengan posisi tertentu.

Jika ada kuman yang masuk ke dalam saluran ini dan mengakibatkan pembengkakan, maka bisa menular dan menyebabkan infeksi di telinga tengah yang pada akhirnya berkembang menjadi OMA. Oleh karena itu, apabila seorang anak sering menderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) seperti batuk, pilek, radang tenggorokan, dan lain-lain, maka akan semakin besar kemungkinan anak tersebut menderita OMA.

Bagaimana Penanganannya?

Mengingat seringkali ISPA menimbulkan komplikasi infeksi telinga maka penatalaksanaan yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Mengupayakan untuk memberikan anak makanan yang bergizi guna meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Penggunaan obat-obatan sesuai resep dokter
  3. Obat tetes telinga
  4. Parasetamol sesuai dosis dapat diberikan untuk menurunkan panas dan mengurangi nyeri yang dirasakan.
  5. Pemberian antibiotik, yaitu obat untuk membunuh bakteri penyebab OMA.
  6. Miringotomi, yaitu operasi kecil yang dilakukan oleh dokter spesialis THT. Operasi ini dilakukan dengan membuat sebuah lubang kecil pada gendang telinga, tujuannya untuk mengeluarkan cairan nanah dari telinga tengah.

Komplikasi OMA

Apabila tidak diobati dengan cepat dan tepat, otitis media dapat berkembang menjadi otitis media supuratif kronik, yaitu ditandai dengan robekan gendang telinga menetap yang disertai nanah yang keluar terus-menerus atau hilang timbul.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya otitis media akut pada anak antara lain:

  • Pencegahan terjadinya infeksi saluran pernafasan atas pada bayi dan anak
  • Pemberian ASI minimal selama 6 bulan (karena anak yang minum ASI pertahanan tubuhnya lebih kebal dibandingkan dengan anak yang tidak minum ASI)
  • Hindari pemberian susu botol ketika anak dalam keadaan berbaring
  • Hindari asap rokok.

Sumber: www.medikus.com

Penulis: Triwulandari

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.