Mengenal Chikungunya

0 123

Kiblatmuslimah.com – Musim penghujan telah tiba, genangan pun banyak di mana-mana. Bila tidak diurusi maka akan jadi sarang telur nyamuk. Nyamuk biasa atau pembawa virus dapat berkeliaran di mana-mana. Bisa jadi, yang bertelur adalah nyamuk pembawa virus chikungunya. Apa itu chikungunya?

 

Chikungunya adalah infeksi virus yang ditandai nyeri sendi dan demam.  Penyebar virus ini adalah nyamuk aedes aegepty. Selain cikungunya, nyamuk ini juga menyebarkan virus demam berdarah. Meskipun nyamuk yang membawa kedua virus ini sama, tetapi kedua penyakit ini mempunyai perbedaan tanda gejala.

 

Chikungunya sendiri ditandai demam, disertai nyeri sendi mendadak, tidak terjadi penurunan kadar trombosit. Berbeda halnya dengan gejala demam berdarah. Selain demam, penderita tidak mengalami nyeri sendi, tetapi terjadi penurunan kadar trombosit.

 

Masa inkubasi virus chikungunya yang dimulai dari gigitan nyamuk aedes aegepty selama 2-4 hari. Kemudian menampakkan gejala sekitar 3-4 hari. Nyeri sendi dirasakan bisa sampai berhari-hari, bahkan sampai berbulan-bulan.

 

Untuk chikungunya, tidak ada pengobatan khusus karena penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Jika keluhan yang dirasakan terlalu berat, dokter biasanya memberikan terapi pereda nyeri atau anti inflamasi. Penderita juga disarankan untuk beristirahat.

 

Meski sudah banyak obat yang manjur, tetap saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagi yang belum pernah mengalami tanda gejala chikungunya maka wajib melakukan pencegahan sebagai bentuk ikhtiar menjaga kesehatannya. Caranya yaitu:

 

  1. 3M: menutup rapat air, menguras bak mandi secara berkala, mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
  2. Makan makanan yang bernutrisi
  3. Istirahat cukup
  4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

 

Penderita dapat dirawat di rumah. Namun bila menjumpai penderita yang tak tahan menahan rasa sakit maka sebaiknya diperiksakan ke dokter terdekat.

 

-Fauza R-

 

Sumber: https://www.alodokter.com/chikungunya

Leave A Reply

Your email address will not be published.