Membuat Pengharum Ruangan

0 36

Kiblatmuslimah.com Sebuah rumah dikatakan nyaman dan sehat tidak hanya berdasarkan faktor kebersihan rumah saja. Namun, salah satu ciri rumah sehat adalah rumah yang harum, yang dapat membantu menciptakan suasana di dalam rumah.

Berbeda dengan rumah yang memiliki bau tak sedap. Selain mengurangi rasa nyaman di dalam rumah, bau yang tak sedap juga ternyata dapat mengurangi kadar cahaya yang masuk ke dalam rumah. Akibatnya rumah tersebut akan terasa lebih lembab dan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik.

Jika rumah Anda memiliki kondisi yang serupa, maka sejatinya rumah tersebut tergolong pada ciri-ciri rumah tidak sehat. Maka, untuk mengatasi masalah tersebut, jalan keluar yang dilakukan adalah dengan menghilangkan bau tidak sedap itu, bukan?

Terdapat berbagai cara untuk menciptakan aroma harum dan kesegaran di setiap jenis rumah tinggal. Beberapa hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan beberapa langkah sederhana, seperti:

  1. Membersihkan sampah yang menumpuk.

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap di dalam rumah adalah sampah yang dibiarkan menumpuk. Agar bau tak sedap tersebut menghilang maka sampah yang ada di rumah harus dibersihkan secara berkala. Jangan sampai Anda meninggalkan sampah tersebut menumpuk dalam waktu yang lama karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Sebagai saran, Anda dapat membagi sampah rumah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik kemudian dimanfaatkan kembali untuk mengisi lubang biopori. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, terdapat banyak sekali manfaat lubang biopori.

  1. Menggunakan lilin aroma terapi.

Aroma yang dihasilkan oleh aroma terapi dipercaya ampuh memberantas bau tidak sedap yang berada di dalam rumah. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat meletakkan lilin aroma terapi pada daerah-daerah strategis. Sehingga aroma tersebut dapat memenuhi seluruh ruangan di dalam rumah.

  1. Menggunakan tanaman di rumah.

Menyegarkan udara di dalam rumah juga dapat dilakukan dengan meletakkan beberapa tanaman hias. Salah satu contohnya adalah tanaman kaktus, karena terdapat banyak manfaat.

Untuk cara menyulap rumah biasa menjadi mewah, Anda juga dapat menggunakan tanaman bonsai. Strategi perawatannya dapat diketahui dalam cara merawat tanaman bonsai.

  1. Mengatur sirkulasi udara.

Rumah yang baik adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan sehat.

Selain beberapa cara yang tercantum di atas, ada cara sederhana yang biasa dilakukan orang banyak untuk mengatasi bau tak sedap di dalam rumah. Bagaimana caranya? Ya, tentu saja dengan menggunakan pewangi atau pengharum ruangan.

Namun pernahkan terpikir oleh Anda untuk membuat pengharum ruangan sendiri? Selain menghemat biaya Anda, pengharum ruangan buatan sendiri juga sangat mudah dilakukan lho! Dalam artikel ini kita akan mengupas lebih dalam tentang cara membuat pengharum ruangan dari Downy!

Anda pasti mengetahui produk pengharum Downy, bukan? Downy memang biasa digunakan untuk mengharumkan pakaian sehabis dicuci. Namun ternyata Downy juga dapat dimanfaatkan untuk sebagai pengharum ruangan. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat pengharum ruangan dari Downy adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan bahan-bahan

Dalam membuat pewangi ruangan dari Downy, Anda memerlukan bahan-bahan lain. Bahan yang perlu disiapkan adalah cuka, air secukupnya serta dua saset Downy dengan wangi apapun yang Anda sukai.

  1. Menyiapkan wadah

Selanjutnya, siapkan wadah yang akan digunakan untuk menaruh campuran Downy. Agar lebih mudah, carilah wadah semprotan yang kosong ataupun bekas. Jika Anda menggunakan botol bekas, cuci terlebih dahulu dan keringkan sebelum digunakan.

  1. Membuat campuran

Tahap berikutnya adalah membuat campuran Downy. Masukkan dalam wadah yang sudah disiapkan: cairan Downy, air secukupnya serta cuka sebanyak lima tetes. Tutup wadah tersebut dan kocok hingga semuanya tercampur secara merata. Cuka penting untuk ditambahkan sebagai anti bakteri dan juga membuat aroma Downy lebih tahan lama.

  1. Gunakan pada area yang bau

Selanjutnya, semprotkan Downy. Dapat digunakan pada area-area rumah yang memiliki bau tidak sedap. Demikian penjelasan sederhana cara membuat pengharum ruangan dari Downy. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

4 Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Downy

Leave A Reply

Your email address will not be published.