Manfaat Makan Bersama Keluarga bagi Anak

0 5.577

Kiblatmuslimah.com – Kebiasaan atau adat makan bersama dalam keluarga, mungkin saat ini sudah mulai berkurang, jarang atau bisa jadi tidak pernah dilakukan. Banyak faktor yang mempengaruhi. Misalnya ibu yang repot momong bayi, ayah sibuk dengan laptopnya atau anak-anak asyik bersama mainannya dan sebagainya.

Tak jarang dalam keluarga, mereka makan bersama secara fisik tapi aktivitasnya berbeda-beda. Makan sambil menonton televisi, pegang gadget, baca buku dan lainnya. Ada yang makan di ruang tamu, satunya di ruang keluarga, lainnya di ruang makan. Makan sendiri-sendiri. Sehingga acara makan pun sebagai kebutuhan saja, tidak ada yang istimewa.

Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua mulai membiasakan makan bersama anak-anak. Semua pekerjaan, aktivitas dan permainan dihentikan dulu. Karena banyak sekali manfaat ketika makan bersama, terutama untuk anak-anak kita.

 

Ini dia manfaat bagi anak kita, ketika makan bersama keluarga:

  1. Keberkahan

Kita sebagai orang tua menjelaskan kepada anak-anak bahwa makan bersama akan menjadikan makanan penuh berkah. Seperti yang Rosulullah sampaikan, “Adakah kalian makan sendiri-sendiri?” Sahabat menjawab, “Betul”. Nabi lalu bersabda, “Untuk itu, makanlah bersama-sama serta sebutlah nama Allah sebelumnya! Sehingga makanan tersebut menjadi berkah.” (HR. Abu Dawud)

  1. Terjalinnya Komunikasi Orang Tua dan Anak

Dengan makan bersama, orang tua bisa menanyakan kegiatan anak di sekolah dengan teman-temannya dan sebagainya. Anakpun bisa menceritakan aktivitasnya, keluhannya, keinginannya kepada ayah dan ibunya dengan nyaman, tanpa suasana yang tegang serta menakutkan. Di sinilah waktu yang sangat tepat bagi orang tua sebagai sahabat anak.

  1.  Mencairkan Suasana

Ketika ada masalah di antara anggota keluarga, misal anak dengan saudaranya, makan bersama keluarga bisa dijadikan momen untuk menyelesaikan masalah, mencairkan suasana dan saling memaafkan. Dengan makan bersama, menjadikan ikatan emosi antar anggota keluarga terjalin.

  1. Mengajarkan Adab Makan kepada Anak

Pada saat makan bersama keluarga, orang tua bisa mengajarkan adab-adab makan kepada anak-anak. Orang tua memberi contoh aplikasi adab makan. Orang tua sebagai tauladan bagi anak-anak tentang adab makan.

  1. Ajang Diskusi

Makan bersama keluarga menjadi waktu yang sangat tepat untuk berdiskusi antara orang tua dan anak. Ketika anak mempunyai masalah maka mereka pun menjadikan orang tuanya sebagai tempat untuk curhat. Orang tua selanjutnya memberikan solusi yang tepat bagi masalah mereka. Ataupun orang tua melibatkan anak-anak untuk mengambil keputusan. Caranya dengan meminta pendapat kepada anak tentang suatu hal, misalnya saat merenovasi rumah dan sebagainya. Dengan adanya diskusi inipun, bisa melatih keterampilan anak-anak bersosialisasi. Sebagai pembicara dan pendengar yang baik.

  1. Mengajarkan Anak untuk Mencintai Masakan Ibunya di Rumah

Apa sih yang kita kangeni saat pulang kampung? Selain rindu orang tua, pasti masakan sang “chef”. Koki yang masakannya paling enak sedunia. Yup benar, itu adalah masakan sang ibu tercinta. Nah, ini dia. Sejak dini kita biasakan anak-anak makan bersama di rumah. Agar kelak saat dewasa, mereka pun akan rindu masa-masa paling bahagia dan terkesan saat makan bersama keluarganya.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Benarkah makan bersama keluarga bisa meningkatkan nafsu makan? Secara logika, ketika salah satu anak makan, pasti anak yang lain juga ikut makan. Atau saat ibu makan, anak akan ikut “ngrecohi” makanan sang ibunda. Nah, makan bersama adalah salah satu solusi ketika ada anak yang sulit makan.

 

Bagaimana Ayah dan Ibu? Jika kita memulai kebiasaan makan bersama keluarga, pasti akan ada hal-hal baru yang Ayah dan Ibu dapatkan saat makan bersama. Dan makan bersama keluarga, bisa jadi tidak akan sering kita lakukan ketika anak-anak sudah dewasa dan menikah. Pasti makan bersama keluarga merupakan momen yang akan selalu dirindukan.

[Rikawa]

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.