MAKNA ISLAMIC WORLDVIEW

MAKNA ISLAMIC WORLDVIEW

0 182

Istilah Worldview (pandangan hidup/pandangan alam) berasal dari bahasa Jerman “Weltanschauung”. Kata Weltanschauung terdiri atas dua kata, yaitu Welt yang berarti dunia/alam dan Anschauung yang bermakna pandangan. Jadi, kata gabung Weltanschauung bermakna pandangan-dunia/pandangan alam.

Istilah Weltanschauung digunakan pertama kali oleh Immanuel Kant (1724-1804) dalam bukunya Critique of Judgment yang terbit pertama kalinya tahun 1790. Immanuel Kant hanya sekali saja menyebutkan kata Weltanschauung. Kant memaknai worldview sebagai persepsi inderawi terhadap dunia (sense perception of the world) atau intuisi-dunia, maksudnya kontemplasi terhadap dunia yang diberikan kepada indera (world-intuition in the sense of contemplation of the world given to the senses).

Sebelum perkataan Weltanschauung digunakan, beberapa kata lain yang masih terkait dengan makna worldview sudah terlebih dahulu digunakan, seperti Welbeschauung (inspeksi atau investigasi dunia); Weltbetrachtung (pertimbangan atau kontemplasi dunia) dan Weltansicht (pendapat atau pandangan dunia).

Kamus Inggris Oxford (The Oxford English Dictionary) mendefinisikan Weltanschauung sebagai sebuah filsafat khusus atau ―pandangan tentang kehidupan‖; sebuah konsep tentang alam yang dipegang oleh seorang individu atau sebuah kelompok (a particular philosophy or view of life; a concept of the world held by an individual or a group).

James W. Sire (lahir 1933) mendefinisikan, “Worldview adalah satu paket presupposisi (asumsi yg mungkin benar, sebagian benar, atau seluruhnya palsu) yang dijadikan pegangan oleh seseorang (dengan sadar atau tidak, konsisten atau tidak) mengenai dasar-dasar pemahaman tentang dunia.”

Sebenarnya tidak ditemukan padanan kata yang tepat untuk menerjemahkan weltanschauung ke dalam Bahasa Inggris. Ketika diterjemahkan scr harfiah menjadi worldview (pandangan dunia), konsep itu mengalami distorsi makna, karena diasosiasikan hanya berhubungan dengan alam fisik. Akibatnya, istilah ini secara umum dipahami dalam pengertian ideologis, sekuler, kepercayaan animistis, atau seperangkat doktrin teologis dalam kaitannya dengan visi keduniaan.

Distorsi ini terjadi karena setiap kebudayaan, agama, aliran filsafat, bangsa, atau bahkan individu, memiliki perspektif yang bisa berbeda tentang dunia. Banyak orang yang melihat bahwa realitas keberadaan hanya terbatas pada dunia fisik.

Alparslan Acikgence mengatakan bahwa worldview merupakan asas bagi setiap perilaku manusia, termasuk aktifitas-aktifitas ilmiah dan teknologi. Setiap aktifitas manusia akhirnya dapat dilacak pada pandangan hidupnya, dan dengan begitu aktifitasnya itu dapat direduksi kedalam pandangan hidup.

Dengan demikian, worldview harus merupakan pandangan hidup yang komprehensif yang melandasi cara seseorang berpikir, memahami, dan menghukumi, serta menentukan pendekatannya menyangkut hidup dan makna hidup, baik menyangkut aspek kognitif maupun psikomotorik.

Menurut Ninian Smart, worldview adalah kepercayaan, perasaan dan apa-apa yang terdapat dalam pikiran orang yang berfungsi sebagai motor bagi keberlangsungan dan perubahan sosial dan moral.

Dalam bahasa Indonesia, terjemah kata worldview yang sering digunakan adalah pandangan dunia atau pandangan hidup. KBBI mendefinisikan pandangan hidup sebagai konsep yang dimiliki seseorang atau golongan dalam masyarakat yang bermaksud menanggapi dan menerangkan segala masalah di dunia ini.

Definisi Islamic worldview (Pandangan Hidup/Pandangan Alam Islam) menurut Dr. Adian Husaini adalah pemahaman seorang Muslim terhadap konsep-konsep pokok dalam Islam. Pemahaman setiap manusia akan mempengaruhi perilakunya. Cara pandang, sikap, dan perilaku seorang manusia ditentukan oleh bagaimana ia memahami suatu objek yang diinderanya.

Materi Ngopi (Ngobrol Pemikiran Islam). Sabtu, 21 September 2019. Pembicara: Ust. Dr. Muhammad Isa Anshory. M.P.I

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.