Makanan Sehat untuk Paru-paru

0 199

Kiblatmuslimah.com – Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat vital bagi tubuh. Oleh karena itu, menjaganya agar tetap sehat menjadi suatu keharusan.
Paru-paru adalah organ dalam sistem pernafasan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Paru-paru berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbonmonoksida dari darah. Proses ini disebut dengan bernafas.
Manusia memiliki dua paru-paru yaitu kiri dan kanan. Paru kiri memiliki dua lobus sehingga memiliki ukuran lebih kecil dari paru kanan yang memiliki tiga lobus. Total panjang saluran udara yang melalui dua paru-paru mencapai 2.400 kilometer. Manusia membutuhkan oksigen 550 liter setiap harinya.
Paru-paru yang sehat dapat menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah. Ketersediaan oksigen yang cukup bagi tubuh menunjang pekerjaan dan aktivitas dengan baik. Gaya hidup sehat dapat menjaga kesehatan paru-paru. Namun, sayangnya orang sering terjebak dengan gaya hidup salah yang memperburuk keadaan paru-paru.
Asap rokok, polusi udara, kurang berolahraga dan malas mencuci tangan, semakin menambah faktor paru-paru menjadi tidak sehat. Udara dan benda sekitar yang kotor, tak kasat mata akan tetapi menjadi sarana bakteri dan virus mencari tempat hidup dan berpindah pada manusia dan makhluk hidup lain. Seperti virus covid 19 (Sars-Cov-2) yang baru-baru ini muncul. Virus menyerang sistem pernafasan manusia dan menjadi pandemi sekarang ini.
Sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan diri dan menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari serangan bakeri maupun virus.
Ada beberapa rekomendasi makanan sebagai bentuk ikhtiar untuk menjaga kesehatan paru-paru:
1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau tidak hanya bagus untuk kesehatan paru-paru, juga untuk anggota tubuh yang lain. Seperti bayam dan kangkung, memiliki kandungan serat, mineral, antioksidan dan vitamin yang diperlukan paru-paru.
2. Buah dan Sayur Berwarna Orange
Seperti sayuran labu, buah jeruk dan pepaya. Memiliki kandungan antioksidan yang ramah bagi paru-paru. Selain itu, mengandung vitamin C yang dikenal kuat melawan infeksi dan peradangan.
3. Apel
Apel kaya akan phytochemical yang mampu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Konsumsi apel yang cukup, dapat meningkatkan fungsi paru-paru.
4. Teh hijau
Bukan rahasia umum lagi bila teh hijau memberikan efek rileks bagi tubuh. Minuman dari daun ini sarat akan polifenol dan antioksidan yang dalam pelbagai penelitian disebut membantu menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru.
5. Bawang putih
Bawang putih dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif. Konsumsi bawang putih juga bisa membantu mengurangi risiko berkembangnya kanker paru-paru.
6. Ikan salmon
Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-2 anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Selain bermanfaat, rasa ikan salmon juga lezat untuk hidangan lauk sehari-hari.
Selain makanan sehat, terapkanlah gaya hidup sehat! Menghindari asap rokok dan polusi udara, rajin berolahraga serta selalu mencuci tangan. Semoga dengan cara itu, dapat menjadikan paru-paru tetap sehat. Ketika tubuh sehat maka aktivitas ibadah pun akan lebih tenang.
Amalliyah

https://rumahsakitislam.com/2016-09-26-04-37-49/tips-kesehatan/264-gaya-hidup-sehat-untuk-menjaga-kesehatan-paru-paru-yang-paling-ampuh
https://vivahealth.co.id/article/detail/6077/cara-menjaga-kesehatan-paru-paru
https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200330101202-255-488172/rekomendasi-makanan-untuk-menjaga-kesehatan-paru-paru

Leave A Reply

Your email address will not be published.