Letakkan Handphone-mu! Busui Wajib Tahu Ini

0 122

Kiblatmuslimah.com – Handphone (HP) merupakan salah satu benda elektronik yang wajib dimiliki pada era mileneal ini. Banyak kalangan yang menggunakannya mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Tak terkecuali ibu-ibu, termasuk di dalamnya ibu menyusui (busui).

 

Namun Bunda, perlu diketahui bahwa bermain HP saat menyusui akan ada dampak tidak baik bagi bayi Anda meskipun hal tersebut tidak begitu terasa.

 

Di antara dampak tersebut adalah:

  1. Kontak mata ibu dengan bayi terganggu

Kegiatan menyusui bukan sekedar memberikan ASI namun ada manfaat psikologis antara ibu dengan bayi. Pada saat menyusui, ada momen interaksi kasih sayang, ibu melihat bayi dan bayi menatap ibu. Tercipta rasa kasih sayang di antara keduanya. Namun bila bunda sibuk dengan HP, momen menatap bayi saat menyusui menjadi terganggu. Begitu pula dengan bayi, proses pengenalan wajah ibunya menjadi terganggu.

 

  1. Masalah perilaku anak

Bayi masih sangat butuh perhatian. Bila busui sibuk dengan HP maka sentuhan fisik, belaian kasih sayang dan perhatian ibu ke bayi juga berkurang. Padahal bayi akan sangat nyaman bila dibelai, disenandungkan dan mendengar suara ibunya. Terkadang bayi yang kurang perhatian menjadi mengamuk dan rewel.

 

  1. Bahaya radiasi pada bayi jika main HP saat menyusui

Tubuh bayi yang masih kecil membuatnya rawan menyerap radiasi buruk yang keluar dari gadget. Hal ini sangat berbahaya karena bisa memengaruhi konstruksi genetik mereka, parahnya bisa membuat sel kanker bertumbuh. Radiasi dari gadget juga bisa menghambat proses tumbuh kembang otak bayi.

 

Setelah mengetahui dampak buruk di atas, semoga para ibu menyusui mengurangi kegiatan main HP saat menyusui. Maksimalkan menyusui sebagai momen berkasih sayang dengan bayi Anda sebelum berlalu dengan cepat, ya Bunda.

Sumber:

Waspada! Ini 5 dampak buruk yang terjadi jika Bunda main HP saat menyusui

Bolehkah HP Dekat Bayi?

 

Penulis: Fauza R, Amd.Keb

Editor: UmmA

Leave A Reply

Your email address will not be published.