Langkah Tepat Kelola Stres

0 224

Kiblatmuslimah.com – Apa itu stres? Stres adalah reaksi tubuh saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan atau perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah atau bersemangat.
Stres normal dialami oleh setiap orang. Bahkan, stres dapat memberikan dapak positif. Misalnya, pekerjaan menjadi lebih cepat ketika mengejar tenggat waktu. Namun, stres yang berkelanjutan menjadi negatif dan memicu berbagai penyakit. Stres berkepanjangan tidak hanya berdampak buruk terhadap mental, akan tetapi pada kesehatan secara umum.
Kenapa stres dapat berdampak pada kesehatan ? Kondisi stres akan memicu berbagai reaksi. Tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit dan bernafas jadi lebih cepat. Hal tersebut disebabkan tubuh mengeluarkan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma, sehingga tubuh menjadi cepat lelah.
Berbagai kondisi apabila stres dibiarkan berkepanjangan:
– Sakit kepala
– diabetes
– tekanan darah tinggi
– gangguan tidur
– stroke
– obesitas
– asma
– depresi
– penuaan dini
– mudah terinfeksi
– penyakit jantung
– asma lambung
– penyakit alzeimer
Karena hal itu, tidak ada alasan untuk tetap menimbun stres.
Ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengurangi atau melepaskan stres. Yaitu:
1. Bersosialisasi
Manusia bukan makhluk individual yang bisa hidup sendiri. Ia membutuhkan orang lain untuk bisa hidup berdampingan. Maka dari itu, ketika mengalami stres karena tekanan yang berat, bangun koneksi atau jalin silaturahmi dengan orang lain. Sangat diperlukan agar dapat membantu meningkatkan keseimbangan emosi. Menceritakan permasalahan dengan orang-orang terdekat, dapat melepaskan hormon serotonin dan oksitosin yang membuat bahagia.
Menjalin hubungan baik dengan orang lain juga meningkatkan fungsi korteks prefrontal. Ini adalah bagian otak yang mengatur emosi dan membuat keputusan secara bijaksana.
2. Fokus pada Kondisi Sekarang
Fokuslah pada kondisi saat ini. Bila pikiran membayangkan ketakutan atau kecemasan yang belum terjadi atau masa lalu, kembalilah ke masa sekarang! Hal ini akan membantu menghindari respon stres yang berlebihan.
3. Aktif secara Fisik
Aktivitas fisik secara langsung dapat menekan produksi kortisol. Aktivitas fisik juga mendukung agar otak lebih mampu melakukan pengendalian diri. Lakukan hal-hal yang menyenangkan seperti berolahraga ataupun kegiatan lain.
4. Membuat Jadwal Harian Teratur
Membuat jadwal harian merupakan langkah agar kegiatan dapat disusun sejak dini. Agar semua kegiatan tertulis. Evaluasi kembali apabila ada perubahan jadwal. Dengan begitu, hidup akan teratur dan jauh dari stres.
Depresi berat merupakan kumpulan dari stres ringan yang tidak bisa diselesaikan oleh individu. Manusia perlu untuk memiliki cara alami mengatasi stresnya sendiri yang disebut koping. Kemampuan mengatasi stres ini berbeda setiap individu. Ada yang bisa menyelesaikannya tanpa bantuan orang lain. Ada juga yang memerlukan bantuan luar. Apapun itu, carilah cara untuk mengatasinya! Agar terbebas dari stres berkepanjangan.
Selalu tanamkan dalam diri untuk terus mengingat Allah. Dengan berdzikir ataupun membaca Al-Qur’an, agar pikiran tetap tenang dalam kondisi apapun. Semoga artikel ini membantu untuk mengatasi stres.

Amalliyah

20 Cara Mengatasi Stres Berat Menurut Psikologi


https://www.alodokter.com/ternyata-tidak-sulit-mengatasi-stres
https://m.liputan6.com/health/read/3618720/6-langkah-kelola-stres-agar-hidup-lebih-bahagia

Leave A Reply

Your email address will not be published.