Ketika Masjid Diawasi

0 70

Kiblatmuslimah.com – Di media sosial sedang ramai mengulas film jadul berjudul “Para Perintis Kemerdekaan”. Film yang dirilis pada tahun 1977 ini dinilai seperti dejavu kejadian saat ini, ceramah di masjid diawasi.

 

Jika esok ada aparat yang bertugas awasi ceramah, mungkin begini ilustrasinya. Di film ini menceritakan tentang ulama yang bersekongkol dengan penjajah. Ulama meracuni umat dengan ajaran yang mengikuti kebijakan penjajah/penguasa. Atas dukungan ulama itu, penguasa melakukan apapun agar si ulama tetap menjadi rujukan.

 

Jika ada ulama lain yang akan menyaingi ulama penguasa, akan ditangkap dan diasingkan. Benar-benar menggambarkan yang terjadi saat ini.

 

Dikutip dari Wikipedia, “Para Perintis Kemerdekaan” adalah film Indonesia yang yang dirilis pada tahun 1977, disutradarai oleh Asrul Sani. Film ini dibintangi antara lain oleh Mansyur Syahdan dan Cok Simbara. Film ini dinominasikan sebagai film terbaik dalam Festival Film Indonesia pada tahun 1980.

 

Sinopsis:

Penangkapan Haji Jalaluddin (Mansyur Syahdan) saat berkhotbah membekas di hati para pengikutnya, termasuk Hamid (Cok Simbara) dan Halimah (Mutiara Sani)

 

Link youtube:

  1. https://youtu.be/wO9D8FrzY74

 

  1. https://youtu.be/Da2Fq1nyw_o

 

 

Clipped by:

@IndonesiaBertauhid

 

Info by:

Ummu Fayadh Indah Sari, S.Pd. (Guru di SMA Negeri Kabupaten Bekasi Istri dari Al Ustadz Abu Fayadh Muhammad Faisal, S.Pd, M.Pd.I Hafidzhahullah; Aktivis Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat, Praktisi PAUDNI/Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Aktivis Pendidikan)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.