Jika Saja Tahu Pentingnya Adab

0 209

Kiblatmuslimah.com – Saat perjalanan kembali dari mudik, kami istirahat di kafe SPBU. Lalu pesan kopi seperti biasa. Apa yang terjadi? Si embak pelayan menyerahkan pesanan dengan tangan kiri. Emosi saat itu, tetapi menahan diri dan istighfar. Ya Allah, apa nggak diajari SOP oleh manajernya? Mungkin, waktu itu dia mengantuk saat penjelasan SOP melayani customer.

Berdirilah saya, menuju kasir dan mengatakan, “Maaf, Mbak dan Mas. Tolong sampaikan ke manajer, agar timnya diberi SOP lagi tentang etika melayani pelanggan dengan menggunakan tangan kanan.”

Sekelumit perjalanan yang menjadikan kami terus beristighfar. Ternyata, PR kita sebagai orang tua banyak sekali, terutama hal adab. Memang Mbak waiters bukan putri kami, tetapi tetap sebagai seorang Muslim, hal itu menjadikan kita sedih adanya.

Kita tahu hal paling penting yang harus dipahami, dikuasai dan dicari adalah etika yang baik. Etika yang baik adalah akal, sedangkan syariat telah menjadi saksi tentang kemuliaannya.

Sufyan Ibnu Uyainah berkata, “Sesungguhnya Rasulullah adalah timbangan (standar) yang paling besar, karena kepadanya disandarkan atas segala sesuatu. Baik terhadap akhlak beliau, perjalanan hidupnya, petunjuknya. Maka, apa yang sesuai dengan petunjuk adalah kebenaran, dan yang menyelisihinya adalah sebuah kebatilan.”

Imam Syafi’i pernah ditanya, “Bagaimana hasrat kamu terhadap adab?” Imam Syafi’i pun menjawab, “Aku akan mendengarkan tentang adab itu huruf per huruf dari yang tidak pernah aku dengar. Anggota tubuhku seolah-olah memiliki banyak pendengaran, karena sangat menikmatinya (dan sangat ingin menjalankannya).”

Masya Allah, begitu kedudukan adab. Yuk, kita bersama-sama belajar lagi tentang adab. Baik untuk diri, maupun anak-anak sendiri dan anak didik.

By Rika Ummu Sal

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.