Jas Putih

0 142

Judul Buku      : JAS PUTIH (Jadikan Ajaran dan Sejarah Islam Memutih)

Penulis            : Rahmad Abdullah, S.Si., M.Pd

Penerbit           : al Wafi

Cet/ Terbit       : 1/ Juli 2020

Tebal               : 290 halaman

Peresensi        : Rizka

 

 

Kiblatmuslimah.com – Sejarah adalah pahatan masa lalu untuk menjejak langkah di masa depan. Bangkit dan runtuh sebuah bangsa dan peradaban dapat dibaca dari sejarah yang telah ditoreh dalam lembaran-lembaran kertas yang akan dibaca oleh generasi di masa yang akan datang.

 

Penulisan sejarah ditentukan oleh zaman. Tak bisa dipungkiri, banyak terjadi kecurangan dan kesesatan dalam penulisan sejarah. Terutama sejarah Islam.

 

Sejarah Islam senantiasa digambarkan dengan kekejaman perang dan haus darah. Jihad yang dilakukan, dianggap sebagai sebuah bentuk penjajahan, bukan pembebasan. Selain itu, sejarah agama ini indentik dengan kudeta dan haus kekuasaan yang dilakukan oleh para penguasa dari satu bani ke bani yang lain. Satu generasi ke generasi yang lain.

 

Jejak awal penyelewangan sejarah Islam dimulai dari penulisan sejarah yang dilakukan oleh para orientalis. Kekalahan mereka pada masa perang salib menjadikan mereka berupaya untuk memutarbalikkan fakta yang terjadi.

 

Mereka menulis dan menafsirkan perjalanan sejarah Islam sekehendak hatinya. Lupa bahwa peradaban dan kebudayaan mereka berkembang, bahkan maju, karena telah bersentuhan dengan budaya Islam. Bahkan di negeri ini; Islam, ulama dan umatnya dipersekusi. Diangggap radikal dan tidak toleran. Bangsa Arab yang melakukan islamisasi dianggap sebagai penjajah dan menghilangkan adat dan khasanah budaya lokal.

 

Buku ini mengajak umat muslim untuk mengembalikan sejarah dan khasanah Islam sebagaimana mestinya. Memberikan pemahaman kepada umat bahwa sejarah Islam selalu sejalan dengan Quran dan Sunnah.

 

Sejarah Islam selalu mengajarkan kepada kaum muslimin tentang kebenaran dan perjuangan dengan landasan tauhid. Buku ini juga menjabarkan tentang perjuangan para nabi dan rasul di dalam menegakkan tauhid dan kebenaran. Buku yang sangat layak dibaca dan dikoleksi.

 

Ringan dibaca. Banyak peristiwa pembanding. Cocok untuk dibacakan ke anak-anak sekitar umur 12 tahun lebih.

 

Sejarah yang benar adalah sejarah yang mengikuti Qur’an dan Sunnah.

 

#ResensiFebruari

Leave A Reply

Your email address will not be published.