Islam Memandang Perbedaan Gender

0 200

Kiblatmuslimah.com – Allah menjadikan laki-laki dan wanita berbeda, baik dalam anatomi tubuhnya, bentuk dan sifatnya, kulit dan daging, tulang dan darahnya, akal dan perasaannya, kekuatan tubuh dan ingatannya, dan sebagainya. Seperti yang kita tahu bahwa perbedaan tersebut menyandang hikmah yang banyak.

Perbedaan-perbedaan yang dipunya menjadikan laki-laki dan wanita saling mengerti, mencintai, menyayangi dan juga dapat kuasa-menguasai. Coba kita bayangkan jika tidak ada perbedaan laki-laki dan wanita, tentu akan terasa ngeri dunia ini.

Allah menciptakan laki-laki dan wanita dengan perbedaan masing-masing, jangan menjadikannya kesalahan dalam meletakkan dan menggunakannya. Jika terjadi, akan mengakibatkan bahaya dan malapetaka terhadap diri manusia itu sendiri.

Allah menjadikan laki-laki dengan tugas dan kewajiban sesuai dengan fitrah dan tabiatnya begitu pula qudrat dan iradah-Nya dengan ilmu dan hikmah-Nya.

“Dan tidaklah laki-laki itu seperti wanita .…” (QS. Ali Imrom (3): 36)

Tidak boleh ada tradisi-tradisi atau pemikiran yang sewenang-wenang dan melampui batas kepada wanita atau sebaliknya menyamakan laki-laki dengan wanita dengan adanya persamaan gender. Padahal syariat Islam telah menempatkan wanita itu di tempat mulia dan terhormat dan kaum laki-laki diberikan satu derajat yaitu kepemimpinan.

 

By. Rika Mama Sal

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.