Inspirasi dari Rumah Cahaya

0 134

Judul: Inspirasi dari Rumah Cahaya

Penulis: Budi Ashari, Lc

Tebal: 175 hlm

Penerbit: Pustaka Nabawiyyah

Tahun Terbit: Cet. Kedelapan, 2019

Peresensi: A. Madjid

 

Kiblatmuslimah.com – Anti mainstream, ya. Biasanya karya tulis yang membahas tentang parenting ataupun dunia pernikahan selalu identik dengan istilah “bahtera”. Namun kali ini Ustadz Budi Ashari membahasakannya lain, rumah cahaya.

 

Bukan sekadar bahtera atau rumah, namun maskanah (tempat tinggal) yang sarat akan kandungan al-Qur’an dan as-Sunnah. Dua lentera yang selalu menyinari rumah sang teladan terbaik sepanjang masa, rumah Baginda Muhammad SAW.

 

Buku ini tak hanya menyuguhkan konsep rumah sebagai pusat pembentukan peradaban Islam hanya dari Nabi saja, juga berbagai kisah yang ada dalam al-Qur’an dan bisyarah Rasul. Dari semua kisah yang ada, mencerminkan rumah-rumah umat Islam saat ini, serta menyuguhkan “konsep rumah cahaya” dan mencoba untuk menyikapinya.

 

Dilengkapi dengan beberapa skema yang memudahkan pemahaman, konsep pendidikan Muhammad al-Fatih, beberapa kasus nyata rumah tangga yang semisal dan praktik penyelesaian masalahnya. Aplikatif sekali. Inspiratif.

 

Penyebab utama yang sering muncul dan menjadi turbulensi dalam membangun konsep rumah tangga islami juga disebutkan. Seperti menaikkan tingkat ekonomi yang mengaburkan fokus orang tua dalam mendidik anak. Sangat disayangkan.

 

Buku ini mencoba menyadarkan kita bahwa ilmu parenting tidak boleh hanya dipenuhi dengan tips-tips pendidikan saja. Hingga mengesampingkan (bahkan meniadakan) konsep utama pendidikan anak yang telah dikonsepkan oleh ulama’ terdahulu. Konsep lebih penting tuk diterapkan daripada sekedar tips-tips yang tentunya berbeda tiap isi kepala.

 

Andai 2 lentera utama ini hidup, maka seluruh gemerlap cahaya temaram yang selama ini orang tua coba tuk menerangi rumah mereka, padam sudah, tak diperlukan lagi.

 

#YukBaca #BacaYuk #ResensiSeptember

Leave A Reply

Your email address will not be published.