Ibunda Tokoh-Tokoh Teladan

0 184

Judul Buku : Ibunda Tokoh-Tokoh Teladan
Penulis : Jumuah Saad
Penerbit : Aqwam
Tahun terbit : 2018
Perensi : Nidia

“Mendidik anak laki-laki berarti mendidik satu manusia, sedang mendidik anak perempuan berarti mendidik satu generasi.” -Muhammad Hatta.

Beruntunglah orang-orang yang dikarunia anak-anak perempuan, kemudian berhasil mendidiknya menjadi sosok yang darinya lahir keturunan yang luar biasa.

Sebagaimana Nusaibah binti Ka’ab, wanita yang bergabung dalam pasukan Uhud bersama suami dan kedua putranya. Saat putranya terluka, Nabi berkata padanya, “Balutlah lukamu!”, justru ibunya mengatakan, “Bangkitlah wahai putraku.” Lalu putranya bangkit untuk melanjutkan peperangan.

Ada pula Afra’ binti Ubaid, perempuan dengan tujuh putra yang semuanya Allah muliakan dengan kesyahidan. Tiga dalam perang Badar, sedang yang lain dalam berbagai peristiwa dan perang yang diikuti bersama kaum mukmin lainnya.

Tak hanya mencetak syuhada, para wanita juga berperan dalam menempa sosok ulama yang terpercaya. Seperti Ummu Sulaim yang mengajari kalimat tauhid kepada anaknya Anas bin Malik sejak kecil. Kemudian menyerahkannya kepada Rasul di usia 10 tahun agar bisa melayani dan langsung belajar dari beliau. Hingga Anas bin Malik di kemudian hari menjadi sumber rujukan ilmu bagi para tabiin.

Juga An-Nawar binti Malik yang menghadiahkan bagi kaum muslimin, seorang penulis Al-qur’an serta ulama besar dalam ilmu waris, Zaid bin Tsabit.

Begitu banyak sosok teladan yang keberadaannya tak bisa dilepaskan dari upaya luar biasa ibu mereka. Lebih dari 60 kisah para tokoh bersama sang ibunda, diceritakan secara singkat namun jelas di dalam buku ini. Di antara mereka adalah ibunda dari ahli ibadah, ulama, mujahid, istri salihah, hakim dan gubernur, serta khalifah kaum muslimin.

Membaca buku ini menghadirkan motivasi dan kesadaran bagi para ibu bahwa peran mereka sangat dibutuhkan dalam mencetak generasi yang diharapkan umat.

#resensimei

Leave A Reply

Your email address will not be published.