Herba Terapi Holistik

0 289

Kiblatmuslimah.com – Menjadi sehat adalah harapan kita semua, tetapi tidak selamanya sesuai dengan kenyataan. Hal itu karena berbagai aktivitas dan gaya hidup yang cenderung instan; pencemaran air, udara, dan tanah yang dapat memicu berkurangnya kesehatan dan kesadaran perawatan diri.

Bila sudah dalam kondisi sakit, tidak ada pilihan selain melakukan pengobatan. Salah satu yang terus diminati dan berkembang saat ini adalah menggunakan bahan-bahan alami, sering disebut dengan herbal. Ini merupakan pengobatan tertua yang dikenal sejak zaman dahulu. Orang dahulu mengandalkan tanaman dan hewan di sekitarnya untuk mengobati penyakit.

Masing-masing suku memiliki ilmu herba sendiri. Salah satunya, ilmu herba China yang merupakan bagian dari Traditional Chinese Medicine (TCM) yang tetap terpelihara karena telah melakukan pendokumentasian yang baik.  Di Indonesia pun, tak kalah terpeliharanya karena telah terukir di helaian lontar, dinding-dinding candi dan kitab masa lalu. Resep diwariskan turun-temurun, tadinya hanya di kalangan tertentu kemudian menyebar hingga masyarakat luas. Di dalam buku tulisan Ibnu Qayyim Al-Jauziah berjudul AthThib An-Nabawi dengan edisi terjemahannya berjudul Metode Pengobatan Nabi Shalallahu alaihi wassalam telah dijabarkan berbagai pengobatan dengan obat alami sesuai petunjuk Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam.

Beberapa herba sudah mengalami penelitian untuk diketahui khasiatnya. Pengetahuan empiris mengenai herba diturunkan dari generasi ke generasi untuk pemeliharaan dan pengobatan kesehatan.

Beberapa keunggulan pengobatan herba antara lain:

  1. Bila digunakan dengan benar, obat herbal tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh
  2. Lebih efektif jika digunakan dengan tepat
  3. Harga relatif lebih murah
  4. Jika diagnosa dilakukan dengan benar, pengobatan dapat dilakukan secara mandiri.

Saya akan membahas tentang “Sehat dengan Herba”, tetapi untuk saat ini yang akan disampaikan sebatas herba terapi holistik secara umum/global.

 

Herba Terapi Holistik

Herba dalam kamus istilah kedokteran berarti setiap tanaman berdaun tanpa batang berkayu, khususnya yang digunakan sebagai pengobatan rumah tangga atau sebagai penyedap.

Terapi holistik adalah proses pengobatan seluruh aspek yang harus diperhatikan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Mulai dari metode pengobatan, penyeimbangan kembali bagian fisik, mental, emosional atau spiritual yang tidak biasanya ditawarkan secara universal dan atau diatur oleh otoritas medis konvensional.

Herba terapi holistik dapat disimpulkan sebagai proses pengobatan penyeimbangan fisik, mental, emosional atau spritual menggunakan tanaman/bahan alami yang berkhasiat. Diagnosa dengan menyinergikan Traditional Chinese Medicine,  Ath-Thibun Nabawi, dsb.

Sekilas Teori TCM

Prinsip yang digunakan dalam TCM adalah Yin dan Yang, sebutan untuk dua aspek yang bertentangan dan berpasangan di dunia ini. Seperti negatif dan postif, gelap dan terang, benda mati dan hidup, panas dan dingin, dsb.

Hubungan antara Yin dan Yang saling membentuk, mendasari, mempengaruhi dan tak terpisahkan. Yin atau Yang yang relatif kurang akan saling mempengaruhi. Defisiensi (kekurangan) Yin dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan lemahnya Yang Qi (energi Yang). Demikian pula defisiensi Yang yang berkepanjangan akan mengakibatkan Kekurangan Yin Ye (cairan Yin).

Kekurangan dan kelebihan Yin Yang jika sampai pada batas yang membahayakan dapat mengakibatkan Zheng Qi (energi utama) tubuh lemah dan muncul penyakit. Keadaan yang sudah sangat parah dinamakan Yin Binasa yaitu terlepasnya Yin dan Yang yang dapat mengakibatkan kematian.

Dalam TCM menggolongkan gejala penyakit (sindroma) dalam 8 prinsip, yaitu:

  • Yin dan Yang
  • Defisiensi dan Ekses
  • Eksterior dan Interior
  • Dingin dan Panas

AthThibun Nabawi

Diagnosa juga merupakan bagian yang sangat diperhatikan dalam Islam. Perhatikan dalam salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Muslim dari jalur Abu Zubair, dari Jabir bin Abdillah, Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Masingmasing penyakit pasti ada obatnya. Kalau obat sudah mengenai penyakit, penyakit itu pasti akan sembuh dengan izin Allah.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim)

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim, diriwayatkan dari ‘Atha, dari Abu Hurairah, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” (HR. An-Nasai dan Ibnu Majah)

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziah, metodologi pengobatan Nabi terbagi menjadi tiga cara, yakni:

  • Menggunakan obat-obat alamiyah
  • Menggunakan obat-obat illahiyah
  • Kombinasi dari kedua jenis pengobatan tersebut

 

Demikian sekilas tentang herba terapi holistik. Dengan yang sedikit ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

By. Rika Ummu Salma

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.