Grand Bazaar

0 126

Kiblatmuslimah.com – Grand Bazaar adalah pasar terbesar di Turki. Grand Bazaar lengkap menjual berbagai macam barang. Terdiri dari 4.400 kedai yang menjual kaos, jaket, tas kulit, hiasan antik nan mahal, pot bunga, karpet dan aneka dagangan lainnya. Dilengkapi dengan 2.200 bengkel, 12 mushalla, 12 gudang, 1 madrasah, 19 sumur dan dihiasi 18 air mancur.

Pasar terbentang seluas 30.500 meter persegi. Lorongnya berjumlah 61 berbentuk labirin. Dindingnya berhiaskan ornamen klasik. Pasar ini telah lama menjadi pusat kegiatan ekonomi di Istanbul, ibu kota Turki.

Sejarah mencatat bahwa pasar ini berawal dari sebuah pasar kayu yang didirikan oleh Sultan Muhammad al-Fatih pada tahun 865 H. Sekitar 8 tahun pasca Konstantinopel (Istanbul) berhasil ditaklukkan oleh kaum muslimin.

Sejak dibangun, sebanyak 5 kali si jago merah melahap pasar kayu ini, lebih tepatnya selama periode 1546-1651 M. Sedangkan tahun 1894 M, gempa di Istanbul merusak separuh area pasar. Namun, Grand Bazaar tetap bertahan, bahkan tak pernah sepi pelanggan.

Dikelilingi banyak gerbang, selepas matahari terbenam pasar ini otomatis tutup. Terhitung hanya 2 kali dibuka meski senja telah menyapa, yakni pasca kebakaran tahun 1546 M dan selama masa penyambutan Abdul Majid I atas kembalinya dari Mesir (1839-1861 M).

Sebuah pasar yang agaknya patut dijadikan sebagai rujukan. Sebuah pusat peradaban karena tak sekadar tempat untuk mencari uang tetapi ada madrasah untuk berbagi ilmu. Ditambah penataan kedai yang indah nan rapi. Mudahnya menjangkau tempat ibadah agar lebih tepat waktu sekaligus sejenak melepas lelah.

 

Oleh: A. Madjid

Sumber: Ahmad, Rofi’ Usmani. 2016. Jejak-Jejak Islam. Yogjakarta: Penerbit Bunyan. Hal: 137.

Leave A Reply

Your email address will not be published.