Fathimah Gadis Spanyol (Bagian 1)

0 140

 Kiblatmuslimah.com – Ummu Isra’ Binti Arafah dalam bukunya 66 Muslimah Pengukir Sejarah berkisah tentang Fathimah gadis Spanyol.

Engkau akan hidup pada awal peristiwa masa kini bersama Fathimah. Dia adalah seorang gadis mukmin yang saya mencintainya tanpa pernah melihatnya. Dan Allah mengetahui kebenaran perkataanku ini dalam penuturanku terhadap kisahnya, sebagaimana Prof. Abdullah Afifi menceritakannya kepada kami.

Suatu sore di musim panas pada tahun 1914 H. Saya berdiri di tengah-tengah kerumunan orang-orang yang berada di stasiun Thanta sambil menunggu kereta api yang datang dari Alexandria menuju Kairo. Pada menit-menit itu semua orang sibuk menghabiskan waktu dengan berpamitan dan melepas rindu sambil menantikan kereta yang akan membawa mereka ke tujuan masing-masing. Setiap orang mengatur tas dan menenteng barang bawaannya. Sebagian lagi menutup pembicaraan dengan temannya.

Ketika di tengah-tengah kerumunan orang banyak itulah, tiba-tiba orang-orang dikejutkan dengan suara teriakan, kegaduhan, dan perdebatan. Kemudian mereka dapat melihat dengan jelas, ternyata ada seorang gadis berusia tujuh belas tahun yang digiring ke tempat pemberhentian kereta oleh seorang polisi yang kasar, kuat, dan gagah, yang merupakan utusan resmi negara. Di belakang gadis itu tampak seorang lelaki tua berkebangsaan Eropa berusia lebih dari enam puluh tahun yang terlihat sedih dan kurus. Dengan kedua tangan gadis itu berusaha melawan dua orang laki-laki yang ada di sampingnya dan keduanya tampak tak berdaya.

Kereta api pun tiba. Kemudian berhenti. Kejadian itu hampir saja membuat semua orang melupakan maksud dan tujuan mereka di sana. Kemudian gadis itu dinaikkan ke atas kereta lalu diikuti oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Saya dan sahabat saya pun bergegas naik dan menempati tempat duduk setelah mereka duduk. Sang gadis terlihat tampak sedih dan susah serta tak dapat bersabar dengan kondisi itu. Saya pun bertanya kepada lelaki tua yang berada di sampingnya, “Apa yang terjadi? Ada apa dengan gadis itu?”

Bersambung….

*Qonitazk

 

Sumber:

Ummu Isra’ Binti Arafah. 2017. 66 Muslimah Pengukir Sejarah. Solo: PT. Aqwam Media Profetika. Hal: 263-266.

Leave A Reply

Your email address will not be published.