Fakta Sejarah, Gaya Hidup Bersih

0 98

Kiblatmuslimah.com – Menjaga kebersihan diri, berganti pakaian sudah diajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam sejak 15 abad yang lalu. Di saat peradaban manusia selain Islam belum mengenal kamar mandi dan mandi.

 

Peneliti sejarah mengabarkan bagaimana kotornya masyarakat Eropa dibandingkan masyarakat muslim dibawah naungan Kekhalifahan Turki Usmani.

 

Samihah Ai Wirdey dalam bukunya Min Ar-Riqq Ilaa As-Siyaadah menuliskan,

 

Abad ke 17 di Istana Raja Jack, raja Inggris bau busuk bersumber dari raja dan penguasanya. Ternyata bau busuk itu berasal dari pakaian mewah mereka.

 

Sedangkan di Istanbul, sudah menjadi peraturan bagi Duta besar Eropa yang hendak menghadap sang Sultan diharuskan ke kamar mandi untuk membersihkan diri.

 

Di buku ini juga menyebut surat  istri seorang duta besar Inggris bernama Lady Montague, yang mengabarkan tingkat kebersihan di lingkungan kaum muslimin, juga sopan santun mereka dan kemuliaan akhlak mereka.

 

Ia juga berkata, “Sesungguhnya penguasa kerajaan Usmaniyah penuh kehati-hatian dan selalu membawa sapu tangan.” Suatu hal yang mengherankan orang-orang Eropa di saat kaum muslimin mencuci tangan sebelum mereka duduk di kursi makan dan juga setelah makan.

 

Masya Allah, dari fakta sejarah di atas maka kita harus berbangga sebagai umat Islam dan segera mengamalkan gaya hidup bersih yang sejatinya berasal dari petunjuk wahyu.

 

Wallahu a’lam.

 

Sumber : Buku Jati diri wanita muslimah karya Dr. Muhammad Ali Al-Hasyimi hal. 97

Leave A Reply

Your email address will not be published.