Ertugrul

0 173

Judul Buku : Ertugrul, Sejarah Turki dari Kabilah ke Imperium
Penulis : Prof. Muhammad Khulaif Ats Tsunayyan
Penerbit : Pustaka Al Kautsar
Tahun Terbit : April 2021
Jumlah Halaman : 374 halaman
Peresensi : Rizka
.
Kiblatmuslimah.com – Mungkin kita jarang, bahkan hampir tak mendengar nama Ertugrul. Bisa jadi kita pun tak pernah mendengar sepak terjangnya di dalam membangun peradaban Islam yang berada dalam kabilah kecil suku Turk.
.
Membahas tentang bangsa Turk, sungguh sangat menarik. Dalam buku Ertugrul ini, penulis mendefiniskan kata “Turk” sebagai bangsa yang penuh dengan kekuatan dan ketelitian. Ini tentu saja tak bisa dipungkiri.
.
Pasukan Mamluk merupakan prajurit terkuat pada masanya. Lihat saja di bawah kepemimpinan Sayfuddin al Qutuz, pasukan Mamluk mampu meluluhlantakkan pasukan Mongol yang terkenal beringas dan barbar dalam melakukan penyerangan terhadap musuhnya.
.
Ertugrul tak seterkenal Utsman, tetapi mampu memberikan pengaruh luar biasa bagi perkembangan Islam di sekitar wilayah Asia Tengah.
.
Telinga kita mungkin akrab dengan kata Turkmenistan, salah satu negara pecahan Uni Soviet. Nama negara ini diambil dari arti kata “Turk dan Iman,” yang berarti orang Turki yang beriman.
.
Turkmen adalah salah satu kabilah yang berada di Asia Tengah yang telah mengalami Islamisasi pada masa Ertugrul. Bahkan irisan Mongol dan Turki telah menghasilkan kabilah Uyghur. Dalam bahasa Turki, Uyghur berarti keterikatan, tolong menolong dan kerjasama.
.
Ertugrul adalah pendiri Turki yang memiliki visi dan misi yang hampir sama dengan “rekan”nya, Jengis Khan. Menyatukan kabilah-kabilah yang ada di wilayah Asia Tengah dengan dasar tauhid dan iman.
.
Ertugrul berhasil menyatukannya. Setelah penyatuan terjadi, Ertugrul meyatakan tunduk dan taat kepada kekhalifahan Abbasiyah. Ertugrul juga berhasil menyatukan kabilah Turk dengan Kabilah Saljukiyah, bahkan menjadikan Mamluk menjadi bagian dari kekuasaannya yang kelak akan tunduk kepada Abbasiyah.
.
Namun, buku ini tak terlalu terperinci menjelaskan tentang Ertugrul secara pesonal. Buku ini lebih memberikan penjelasan terhadap pembentukan daulah Utsmaniyah hingga masa Sulaiman al Qanuni.
.
#ResensiJuni

Leave A Reply

Your email address will not be published.