Dua Hal Penting Tumbuh Kembang Anak

0 66

Kiblatmuslimah.com – Anak merupakan karunia Allah yang sangat didamba. Kita upayakan agar anak-anak kita tumbuh dengan sehat dan cerdas, tentunya setelah keshalihannya. Tahukah Anda bahwa otak manusia berhenti tumbuh saat usia mencapai 2 tahun?

Menurut pemaparan dr. Hari Sp.A. dari Rumah Sakit DR. Moewardi Surakarta dalam acara seminar yang bertajuk “Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak”, perkembangan otak anak manusia berkembang sampai usia 2 tahun. Penting bagi orang tua memperhatikan asupan nutrisi selama 2 tahun pertama kehidupan anak.

Dua tahun pertama ini sering disebut 1000 Hari Pertama Kehidupan atau 1000 HPK, dimulai sejak janin dalam kandungan. Itulah sebabnya saat Anda mengetahui kalau hamil maka maksimalkan nutrisi dan stimulasi untuk janin.

Benar bahwa dua hal yang sangat memengaruhi perkembangan anak adalah nutrisi dan stimulasi. Dua hal ini adalah hal yang sangat penting dalam perkembangan anak agar maksimal. Nutrisi, pada era ini sudah bukan zamannya lagi 4 sehat 5 sempurna. Seharusnya kita sudah benar-benar meninggalkan teori tersebut. Sekarang adalah zamannya gizi seimbang, antara kebutuhan karbohidrat, lemak dan protein dalam porsi yang seimbang.

Dr. Hari Sp.A. juga menuturkan bahwa ada kekeliruan  dalam pemberian MPASI di masyarakat pada umumnya, anak hanya diberi nasi dan sayur bayam atau nasi dengan sayur sop. Hal itu sangat tidak memenuhi kebutuhan perkembangan otak anak. Beliau juga menuturkan bahwa otak untuk berkembang membutuhkan asam lemak. Maka tidak apa-apa jika anak diberi kuah gulai, daging gajih tentunya dengan bumbu minimalis yang berbeda dengan orang dewasa.

Hal penting berikutnya yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah stimulasi. Yah, anak butuh stimulasi untuk belajar.  Peran orang tua sangat penting. Maka jadilah orang tua yang aktif dan senantiasa belajar. Untuk stimulasi, bisa dilihat di buku KIA atau biasa disebut buku pink. Di dalam buku tersebut sudah dijabarkan secara lengkap tentang stimulasi yang harus diberikan kepada anak sesuai usianya. Saat periode ini, manfaat pijat bayi sangat membantu dalam perkembangan bayi. Tentunya pijat bayi sesuai aturan medis.

Nutrisi dan stimulasi, 2 hal ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Nutrisi dengan memperhatikan asupan makanan yang kita berikan kepada bayi. Stimulasi dengan memberikan perlakuan sesuai usia untuk melatih kemampuan motorik anak.

Penulis: Fauza R.

Leave A Reply

Your email address will not be published.