Cerdas Membaca Komposisi

0 252

Kiblatmuslimah.com – Makanan dan minuman kemasan makin mudah dijumpai. Baik berupa bahan makanan semisal tepung, gula, garam, penyedap, minyak dan 100

Sebagai konsumen, kita pasti menginginkan makanan/minuman yang halal dan baik untuk kesehatan. Selain label halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), perlu membaca komposisi makanan/minuman kemasan tersebut.

Di antara maksud iklan adalah untuk memengaruhi konsumen untuk membeli. Mungkin saja jika konsumen dikelabui dengan merek dan klaim produknya saja. Beruntung memiliki BPOM, sebuah lembaga pengawas obat dan makanan yang sangat membantu orang awam akan teknologi pangan terbaru.

Dalam aturan BPOM, kaidah penulisan komposisi adalah disusun berdasarkan presentase tertinggi. Sebagai contoh, produk sari kedelai dengan berat bersih 200 ml, terdapat keterangan komposisi tertulis air, sari kedelai (5%), dan bahan yang lain. Maka cara membacanya adalah dalam satu kemasan tersebut hanya terdapat 10 ml sari kedelai murni atau setara kurang lebih 2 sendok makan. Sedikit sekali bukan?

Ini mungkin menjadi salah satu trik iklan produsen agar konsumen merasa mendapat manfaat dari sari kedelai tanpa ribet. Begitulah ide iklan. Konsumen wajib memperhatikan komposisi, agar tidak termakan tingkah kreatif produsen dalam memasarkan produk. Wallahu A’lam.

 

Penulis: Fadhilah Nur, Amd.Keb.

Leave A Reply

Your email address will not be published.