Bila Ibu Hamil Terkena COVID

0 130

Kiblatmuslimah.com – Covid (Corona virus desease) tak terasa sudah menginjak tahun kedua di Indonesia. Tak hanya kalangan lansia yang terserang, tetapi kaum muda, anak-anak bahkan ibu hamil pun jadi korbannya. Mulai dari covid varian alpha, beta, dan yang paling meledak sekarang delta. Varian delta ini paling banyak memakan korban.

 

Ibu hamil pada saat awal kemunculan covid bisa dikatakan dapat bertahan di tengah pandemi. Namun saat varian delta muncul, ibu hamil ternyata malah banyak yang tumbang. Entah itu janin yang dikandungnya atau bahkan keduanya.

 

Ibu hamil yang terkena covid menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan karena cenderung asimptomatis atau tanpa gejala. Saat itu, saturasi turun. Akan berdampak pada kesejahteraan janin yang dikandungnya. Ibu hamil dengan status covid positif banyak yang terdeteksi di usia kehamilan di atas 37 minggu. Tiga persen di antaranya meninggal karena komplikasi covid.

 

Ibu hamil yang terkonfirmasi covid harus tenang dan ikhlas. Ini sudah ketetapan Allah. Apabila tanpa gejala maka isolasi mandiri di rumah dengan persediaan makanan yang sehat serta vitamin tambahan. Ibu hamil juga terkoneksi dengan petugas kesehatan untuk mendapat fasilitas konsultasi. Selain itu, ibu hamil membekali diri dengan termometer untuk mengukur suhu dan oxymeter guna mengetahui saturasi oksigen dalam tubuh. Waktu isolasi mandiri adalah 10 hari untuk yang tanpa gejala. Bila bergejala ringan, isolasi mandiri 10 hari ditambah 3 hari tanpa gejala.

 

 

Apabila kondisi memberat maka hal-hal berikut harus diperhatikan:

  1. Gejala bertambah berat
  2. Sesak nafas
  3. Saturasi kurang dari 95%
  4. Gerakan janin lemah

Jika menemui hal-hal tersebut maka segera diperiksakan ke Rumah Sakit.

 

Ibu hamil penderita covid mempunyai risiko persalinan prematur yang tinggi. Hindari pekerjaan yang berat dan beban pikiran yang membuat stres. Hubungi petugas kesehatan bila terdapat masalah dalam kehamilan. Usahakan untuk teratur memeriksakan kehamilan minimal 6 kali selama hamil.

 

Fauza R

 

Sumber: BIMTEK Maternal Covid oleh dr. Yosi Tamara, Sp.OG

Leave A Reply

Your email address will not be published.