Berlimpah Manfaat Misik Abyadh

0 602

Kiblatmuslimah.com – Menggali manfaat mengenali dari dekat wewangian yang paling disukai Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam, yakni Misik Abyadh atau dalam bahasa Sansekerta disebut Kasturi, semakin membuka pikiran betapa luas ilmu yang ada di dalamnya. Andaikata orang mau mengkhususkan diri belajar tentang minyak Kasturi (Misik Abyadh) dengan sungguh-sungguh, dari memahami sifatnya, mengenali ciri-cirinya agar dapat membedakan antara yang asli murni, yang racikan berbagai bahan nabati sehingga menghasilkan parfum serupa Kasturi dan tetap disebut Kasturi hingga Kasturi sintetis yang hanya mirip baunya tetapi sangat berbeda manfaatnya, niscaya ia akan memiliki pengetahuan sangat luas yang bukan hanya terkait aroma. Misik Abyadh memang bukan semata soal aroma. Ia juga bermanfaat sebagai hair tonic, nutrisi kulit yang sangat berguna untuk perawatan dan peremajaan kulit hingga ke soal kesuburan maupun aspek kesehatan lainnya.

Dulu saya mengenal Kasturi sebagai wewangian yang sangat tajam baunya. Tetapi setelah mengenal yang asli dan berusaha memahami dengan berbekal pengetahuan tentang Misik Abyadh, ternyata sangat berbeda antara Kasturi yang belasan tahun lalu pernah saya kenal dengan Kasturi yang sesungguhnya. Itu pun ternyata bertingkat-tingkat kualitasnya. Pengaruhnya pada kelembutan, kedalaman aroma dan daya tahannya setelah bersentuhan dengan kulit serta keringat kita.

Dari bahan Misik Abyadh, kita juga mengenal Misik Thaharah yang kekentalan, kepekatan, kelembutan aroma dan kekuatan daya tahan serta warnanya di bawah Misik Abyadh. Sesuai namanya, misik thaharah lebih dikhususkan untuk kepentingan bersuci selepas menstruasi. Meskipun demikian, misik thaharah sebenarnya tetap termasuk Kasturi.

Baik Misik Abyadh maupun peringkat di bawahnya yang disebut Misik Thaharah, keduanya merupakan parfum yang bagus untuk perempuan. Ini merupakan parfum yang lembut, kuat aromanya, tetapi tersembunyi baunya. Tidak dapat mencium baunya kecuali dari jarak yang sangat dekat. Parfum ini juga sangat tepat dipakai oleh laki-laki. Mengenai peruntukannya bagi perempuan, mari kita ingat kembali hadis berikut ini.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Asma’ binti Syakal radhiyallahu ‘anha bertanya kepada Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi haidh, maka beliau bersabda:

تَأْخُذُإِحْدَا كُنَّ مَائَهَا وَسِدْرَهَا فَتََطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُورَ أوْ تَبْلِغُ فِي الطُّهُورِ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُُهُ دَلْكًا شَدِ يْدًا حَتََّى تَبْلِغَ شُؤُونَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا المَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطْهُرُ بِهَا قَالَتْ أسْمَاءُ كَيْفَ أتََطَهَّرُبِهَا قَالَ سُبْحَانَ الله ِتَطَهُّرِي بِهَا قَالَتْْ عَائِشَةُ كَأنَّهَا تُخْفِي ذَلِكَ تَتَبَّعِي بِهَا أثَرَالدَّمِ

“Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrahnya (daun pohon bidara, atau boleh juga digunakan pengganti sidr seperti: sabun dan semacamnya) kemudian dia bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian dia menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya. Maka Asma’ berkata: “Bagaimana aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah” maka ‘Aisyah berkata kepada Asma’: “Engkau mengikuti (mengusap) bekas darah (dengan kain/kapas itu).” (HR. Muslim).

Hadis ini menunjukkan dengan sangat jelas tentang keutamaan menyempurnakan bersuci dari menstruasi dengan menggunakan minyak misik. Tidak ada keraguan mengenai kebolehan dan keutamaannya. Tidak mungkin Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam menyuruh memakai apa yang diharamkan. Maka memakai minyak wangi Kasturi (sejauh sifatnya tetap seperti Kasturi, bukan hanya bernama Kasturi) bukan saja boleh bagi perempuan, bahkan ia bernilai sunnah. Ia memiliki kekhususan karena ada perintah langsung untuk bersuci dengannya. Ia bagus untuk bersuci, bagus juga untuk sehari-hari. Bagi perempuan, Misik Abyadh bukan saja aroma mewanginya lembut dan tersembunyi baunya. Ia juga sangat kaya manfaat.

Secara ringkas, mari kita lihat manfaatnya.

فؤاد المسك الأبيض للمنطقة الحساسة
Berbagai Manfaat (Mengoleskan) Minyak Kasturi Pada Daerah Sensitif Perempuan.

1. رائحة القوية
1. Bau (lembut) yang kuat.

2. يزيد من قوة الاخصاب وينشط المبيضين

2. Meningkatkan kekuatan kesuburan dan merangsang ovarium.

3. مفعولة يدوم لاكثر من يوم

3. Efeknya (manfaatnya) berlangsung selama lebih dari satu hari.

4. يختلط مع رائحة الاثني الداخلية
4. Bercampur dengan bau organ dalam perempuan.

Di luar itu, masih banyak manfaat lai bagi perempuan. Begitu pula bagi laki-laki, banyak manfaat yang dapat dipetik dari Misik Abyadh di luar fungsinya sebagai wewangian. Bahkan dalam fungsinya sebagai wewangian, misik mempunyai tempat khusus karena merupakan kesukaan Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam. Misik sangat berbeda dengan ambar yang lebih menonjol semerbak aromanya, mencirikan parfumnya laki-laki sebagaimana dimaksudkan dalam hadis riwayat Al-Bazzar.

Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ طِيْبَ الرِّجَالِ مَا ظَهَرَ رِيْحُهُ وَخَفِيَ لَوْنُهُ وَطِيْبَ النِّسَاءِ مَا ظَهَرَ لَوْنُهُ وَخَفِيَ رِيْحُهُ

“Minyak wangi laki-laki adalah yang tercium jelas baunya dan tidak tampak (samar) warnanya. Adapun minyak wangi wanita adalah yang tampak warnanya dan tersembunyi baunya.” (HR. Al-Bazzar).

Sebagaimana Misik Abyadh, Ambar juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Tetapi kita tidak membicarakannya saat ini. Saya pun belum mencoba menelusuri wewangian Ambar mengingat harganya yang sekarang cenderung mahal jika ingin mendapatkan yang bagus. Misik Abyadh maupun Misik Thaharah pun bertingkat-tingkat harganya, tetapi lebih terjangkau. Meskipun demikian, saya belum mencoba Misik Abyadh yang terbaik karena harga 1 tola (botol kecil kira-kira ukuran 10-12 ml) mencapai 3000 riyal Saudi. Terlalu mahal untuk saya.

Dari Misik Abyadh juga muncul berbagai ragam parfum yang diramu dari Misik Abyadh dipadukan dengan berbagai bahan lain. Kombinasi ini melahirkan bermacam parfum yang elegan dengan kekuatan aroma yang bagus. Tidak mudah pudar.

[Mohammad Fauzil Adhim]

Leave A Reply

Your email address will not be published.