Bani Umayyah di Era Umar bin Al-Khattab (2)

0 239

Kiblatmuslimah.com – Ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat pada bulan Jumadil Akhir tahun 13 H, Umar bin Al-Khattab dibaiat sebagai khalifah. Ia pun mengambil kebijakan yang sama sebagaimana Abu Bakar Ash-Shiddiq yaitu mempekerjakan Bani Umayyah dan tetap memberikan kepercayaan kepada mereka. Tidak seorang pun di antara mereka diberhentikan atau mendapat teguran.

 

Kelanggengan Bani Umayyah menduduki jabatan di era Khalifah Umar menunjukkan 100kompetensi dan tanggung jawab.  Umar pun memperluas wilayah kekuasaan Muawiyah di negeri Syam dengan menggabungkan wilayah Homs di samping kota-kota pesisir lainnya.

 

Perlu dikemukakan bahwa Umar memberhentikan seorang sahabat terbaik dan ahli zuhud bernama Umair bin Sa’ad sebagai walikota Homs. Ia tidak memberhentikannya karena penyelewengan ataupun pengkhianatan, melainkan menghendaki seseorang yang lebih kuat darinya yaitu Muawiyah bin Abi Sufyan.

 

Keteladanan, tekad, dan kecakapannya dalam melaksankan tugas sebagai bukti kompetensi. Salah satu buktinya yakni Umair bin Sa’ad sendiri memberikan kesaksian yang mendukungnya. Diriwayatkan bahwa ia berkata, ”Jangan perbincangkan ataupun sebut-sebut Muawiyah kecuali dengan baik. Sebab, aku mendengar Rasulullah berdoa, ‘Ya, Allah berilah petunjuk dengannya!’” (Al-Bidayah wa An-Nihayah, karya Ibnu Katsir, 8/122).

 

Di samping itu, Umar bin Al Khattab juga mengangkat Muawiyah bin Abi Sufyan sebagai Amir (gubernur jenderal) Syam menggantikan Yazid bin Abi Sufyan (kakak Muawiyah) pada tahun 18 H.  Diangkat seorang tokoh lainnya dari Bani Umayyah tahun 15 H  bernama Al-Walid bin Uqbah bin Abi Mu’aith. Ath-Thabari mengemukakan bahwa Al-Walid bin Uqbah adalah Amir negeri-negeri Taghlib dan Arab Jazirah (Mesopotamia).

 

Bani Umayyah terus berjuang dan berdakwah selama masa pemerintahan Khalifah Umar bin Al-Khattab Al-Faruq. Mereka adalah pejabat terbaiknya meskipun banyak melakukan audit dan menagih pertanggungjawaban. Muawiyah bin Abi Sufyan tetap dipertahankan menjabat untuk melawan, memantau dan menghalau Romawi.

 

Peresume: PramudyaZeen

Referensi:

Prof. Dr. Abdussyafi Muhammad Abdul Latif. 2014. Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Bani Umayyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Cet-1. Hal: 28-30.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.