Baby Blues Syndrom

0 59

Kiblatmuslimah.com – Ada seorang ibu yang telah melahirkan buah hatinya yang pertama. Kemudian ia merasa tiba-tiba sedih tak tentu, tidak bisa mengurus bayi kecilnya dengan baik, pikirannya berkecamuk saat mendengar tangisan sang buah hati. Ia kebingungan cara menangani bayi kecilnya.

Suatu hari, ia menyampaikan keluh kesah pada suami. Nihil, tanggapan suaminya jauh dari harapan. Beliau menganggap aneh dan berkata, “Kau ‘kan ibunya. Harusnya kau bisa menangani itu!” Beberapa hari kemudian pikirannya semakin semrawut.

Akhirnya ia beranikan lagi untuk cerita ke suami bahwa istrinya butuh bantuan dan dukungannya. Saat itu keruwetan yang bersimpul di pikirannya sedikit demi sedikit terurai hingga menjalani proses sebagai ibu dengan lancar.

Kisah di atas merupakan suatu gambaran seorang ibu baru dalam menjalani proses transisi. Keadaan yang dialami ibu tersebut adalah gejala baby blues syndrom.

Baby blues syndrom adalah suatu sindrom gangguan mental ringan pascabersalin. Hal ini masih tergolong normal bagi ibu yang baru melahirkan. Kadang berlangsung sampai 1-2 minggu. Meskipun ringan, apabila tidak mendapat dukungan dari orang terdekat, dapat membahayakan.

Terdapat 3 ciri khas ibu yang mengalami baby blues syndrom:

  1. Merasa sedih

Pada kondisi ini, ibu merasa bosan dengan rutinitas baru dalam merawat bayinya. Terlebih jika tidak ada yang membantu. Kadang jika bayinya menangis kemudian tak mampu mengatasinya, ia menjadi ikut sedih.

  • Lebih sensitif dan mudah marah

Karena suatu hal yang menjengkelkan, ibu tanpa sadar marah kepada bayinya.

  • Merasa malu dan bersalah

Saat berada di rumah sakit, banyak yang memperhatikan. Akan berbanding terbalik kala sudah tiba di rumah. Semua keperluan harus ibu lakukan; mengurus bayi, diri sendiri dan suami. Banyaknya pekerjaan yang terbengkalai membuat ibu merasa bersalah.

Apabila ibu mengalami hal tersebut, segera komunikasikan kepada suami tentang baby blues syndrom dan utarakan bahwa Anda butuh bantuannya. Jangan pendam rasa penat itu sendirian, ikutlah istirahat saat bayi tidur dan buatlah me time untuk menjernihkan pikiran. Bagi seorang muslimah, selalu berdzikir dan berdoa kepada Allah.

Penulis: Fauza R

Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2016/09/27/080600223/3.ciri.khas.baby.blues.pada.ibu.yang.baru.melahirkan

Leave A Reply

Your email address will not be published.