Atikah binti Auf

0 102

Kiblatmuslimah.com – Perempuan shalihah ini menjadi salah satu tokoh teladan Islam. Beliau memiliki sifat penuh amanah dan muraqabah (merasa diawasi Allah). Sehingga terlahirlah dari rahimnya, Miswar bin Makhramah bin Naufal yang tumbuh dewasa mewarisi sifat amanah sang ibunya. Dialah Atikah binti Auf.

Dia adalah saudari Abdurrahman bin Auf, salah seorang shahabat yang diberikan kabar gembira dengan surga. Abdurrahman seorang yang gemar mendermakan hartanya untuk Islam dan kaum muslimin, khususnya kaum muslimin fakir.

Imam Ibnu Katsir telah meriwayatkan kepada kita tentang shahabiyah yang agung ini mendidik Miswar. Dimulai saat Miswar masih belia hingga memiliki sikap amanah yang menakjubkan.

Pada perang Qasidiyah, Miswar bin Makhramah bin Naufal mendapatkan teko (tempat minum-ed) emas yang berhiaskan permata. Tidak ada seorang pun yang melihat dan mengetahui penemuan tersebut kecuali hanya Allah saja. Tetapi shahabat ini dididik di atas cahaya iman.

Ketika seorang lelaki Persia bertemu Miswar yang membawa teko emas itu, ia berkata, “Juallah teko itu kepadaku! Akan aku bayar 10.000 dirham.” Mendengar penawaran lelaki Persia itu, Miswar sadar bahwa teko itu sangatlah berharga.

Maka ia pun menyerahkan teko itu kepada panglima pasukan kaum muslimin saat itu, Sa’ad bin Abi Waqash, paman Nabi yang termasuk dari sepuluh shahabat yang dijamin surga. Sa’ad kemudian memberikannya kepada Miswar sebagai jatah untuknya. Setelah itu, Miswar menjualnya dengan harga 100.000 dirham.

Ini semua berkat didikan muraqabah dan mengembalikan amanah kepada yang berhak. Semoga Allah merahmati Atikah binti Naufal dan putranya, Miswar bin Makhramah.

Ref: Ibunda Tokoh-Tokoh Teladan, Jumuah Saad, Aqwam

(Hidayah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.