ASI Lancar Dambaan Bunda

0 122

“Para ibu, hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh.”

 

Kiblatmuslimah.com – Menyusui adalah kegiatan menyenangkan bagi ibu. Pada kegiatan menyusui, kedekatan atau bonding ibu dengan bayinya semakin terjalin. Di lain sisi, kegiatan menyusui dapat menyebabkan stres tersendiri bagi ibu jika merasa kurang percaya diri akan kemampuannya dalam memberikan ASI. Sedikit banyak, pikiran mempengaruhi tingkat produksi ASI.

 

Beragam cara dan terapi bisa digunakan untuk menghasilkan ASI yang banyak. Perlu diketahui bahwa ASI dapat keluar optimal tanpa bantuan apapun asal ibu rileks dan percaya diri akan kemampuannya dalam menyusui. Untuk merilekskan tubuh, ibu perlu mengistirahatkan badan di tempat relaksasi, mendatangkan terapis pijat atau bahkan ke tempat spa khusus ibu nifas. Namun, hal itu pasti butuh biaya dan waktu.

 

Ada terapi pelancar ASI yang lebih mudah, dilakukan di rumah dan gratis karena dapat dilakukan suami atau anggota keluarga/mahram.

Terapi tersebut namanya pijat oksitosin. Pijat ini sudah cukup populer di kalangan ibu-ibu muda yang suka berselancar di dunia maya.

 

Cara kerja pijat oksitosin yaitu menekan area pundak dan punggung. Area ini berpengaruh besar dalam menyangga payudara. Tujuan dari pijat ini adalah merilekskan otot-otot pundak dan punggung sehingga produksi ASI semakin meningkat atau mempercepat reflek oksitosin. Reflek oksitosin adalah kinerja saraf yang menghasilkan hormon oksitosin, berfungsi membantu melepaskan ASI dari dalam tubuh.

 

Pijat oksitosin merupakan salah satu terapi yang dapat diikhtiarkan di rumah bersama keluarga agar produksi ASI ibu lancar. Perlu diingat kembali bahwa pijat oksitosin ini bukan serta merta satu-satunya penyebab ASI lancar.

 

Bahan yang dapat digunakan untuk memijat adalah minyak esensial, semisal minyak VCO atau zaitun dan handuk untuk lap. Ibu melepas bra kemudian posisi membungkuk dengan kedua tangan bersedekap dan bersandar di meja. Sehingga posisi payudara menggantung dan rileks.

 

Proses pemijatan dapat dilakukan di area pundak terlebih dahulu sampai 10x atau lebih. Kemudian dilanjutkan pemijatan di area tulang belakang dengan tangan mengepal, jempol menghadap ke atas di sela-sela tulang belakang kiri dan kanan. Gerakkan memutar kecil dari atas ke bawah, 10x atau lebih.

 

Gerakan terakhir dengan tangan mengepal. Gunakan buku-buku jari di lengan tulang punggung. Gerakkan ke atas kemudian bentuk lambang Love sampai kembali ke tengah. Ulangi gerakan ini 3x atau lebih. Selesai pemijatan, bilas dengan air hangat kemudian keringkan.

 

Demikian penjelasan singkat mengenai pijat oksitosin. Jangan lupa untuk selalu membaca basmallah sebelum pemijatan. Ucapkan hamdallah setelahnya agar dapat bernilai ibadah.

 

_Bidan Fauza_

Leave A Reply

Your email address will not be published.