April Mop Ditinjau dari Syariat Islam

0 115

Kiblatmuslimah.com – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

“Hati-hatilah kalian dari berdusta. Sungguh dusta akan membawa pelakunya menuju perbuatan dosa. Sedangkan perbuatan dosa itu akan membawa pelakunya menuju neraka. Dan tiada seorang pun yang terus-terusan berdusta dan selalu hendak berdusta selain tentunya ia akan ditetapkan di sisi Allah sebagai seorang pendusta”. (HR. Muslim no: 2607)

 

Pada tanggal 1 April kita mengenal istilah yang biasa disebut hari “April Mop” atau “April Fool’s Day” dalam istilah bahasa Inggris. Pada hari tersebut banyak orang melakukan lelucon dan trik untuk menipu dan mempermalukan orang. Hal tersebut dianggap sah dan wajar dilakukan.

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang April Mop tersebut, ada baiknya menilik sejenak beberapa sejarah (yang mungkin menjadi) asal mula kebiasaan menipu tersebut.

 

  1. Istilah April Mop disinyalir sudah dikenal di Perancis pada abad ke-16. Sebelum ada penyempurnaan sistem penanggalan seperti yang kita kenal saat ini, tanggal tersebut dianggap sebagai hari pergantian tahun. (Kata April diserap dari bahasa Belanda – aprire, artinya membuka). Padahal Paus Gregory telah memperkenalkan sistem penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari, akan tetapi sosialisasi tidak mencapai semua kalangan dan bahkan banyak yang tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April. Merekalah yang disebut April Fools, orang-orang yang tertipu di bulan April.

 

  1. Ada teori lain yang dimuat di Washington Post. Tradisi ini dimulai pada zaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada Dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya. Hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

 

  1. April Mop atau April Fools ini juga kerap diperingati oleh media massa dengan menerbitkan kisah luar biasa yang hanya mengada-ada saja. “Hoax April Mop”.

 

  1. Di Indonesia dikenal dengan istilah April Mop. (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelakar/canda/lelucon).

 

  1. Di Perancis disebut “Poisson d’avril”, artinya ikan April (mungkin maksudnya adalah ikan kecil yang gampang tertangkap atau tertipu).

 

  1. Di Inggris April Mop lebih dikenal dengan istilah “April noddie” sebutan buat orang-orang yang tertipu.

 

  1. Di Skotlandia diperingati selama 2 hari yang dinamakan “April gowk” dan pada hari kedua dinamakan “Taily day” yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

 

  1. Para agamawan di Eropa menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta.

 

  1. Bahkan ada yang menganggap April Mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itu, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

 

Dari semua teori di atas, mungkin yang paling menyakitkan hati kala membaca yang terakhir. Apabila hal itu benar maka umat Islam yang merayakan dan melakukan April Mop adalah orang-orang yang ikut merayakan pembantaian saudaranya sendiri di masa lalu.

 

Terlepas dari persoalan kebenaran teori di atas, April Mop pada asalnya adalah suatu bentuk perbuatan yang merugikan orang lain, baik secara tidak sengaja, iseng, ataupun untuk lelucon belaka.

 

Menipu, dalam definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perbuatan atau perkataan yang tidak jujur (bohong, palsu, dsb) dengan maksud untuk menyesatkan, mengakali, atau mencari untung.

 

Dalam hukum Islam sendiri, segala perbuatan yang merugikan orang lain baik secara materi ataupun non materi adalah haram. Perbuatan menipu selain merugikan orang lain, masuk dalam kategori akhlak madzmumah (tercela). Apabila tindakan tersebut menjadi tindak hukum pidana/jinayah maka akan mendapatkan sanksi/hukuman yang setimpal. Misalnya, menipu/berdusta berupa tuduhan zina (Qadzaf) yang berakibat hukuman cambuk 80 kali dan tidak diterima kesaksiannya selamanya.

 

Tindakan penipuan mempunyai 2 segmen dari segi tujuannya:

  1. Menipu untuk menjatuhkan/mengambil keuntungan dari korbannya. Misalnya, seseorang menipu orang lain untuk mengambil hartanya ataupun menjatuhkan martabatnya dengan menuduh berbuat zina.
  2. Menipu untuk mengambil keuntungan pada diri sendiri/meningkatkan popularitas diri. Misalnya, membuat hadits palsu. Bahkan Rasulullah sendiri menyatakan dalam haditsnya yang diriwayatkan secara mutawatir.

 

« مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ ».

“ Barang siapa yang sengaja berbohong/berdusta atas namaku maka hendaklah ia menyiapkan tempat duduknya dari api neraka”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

April Mop yang banyak dilakukan orang dampaknya sangat besar. Berikut beberapa kejadian nyata akibat kelalaian orang yang menganggap April Mop hanya sekedar gurauan:

 

  1. Gempa yang terjadi pada tanggal 1 April 1946 di Pulau Aleutian menyebabkan tsunami di Kepulauan Hawai dan Alaska yang menewaskan 165 orang. Hal ini terjadi akibat orang-orang tidak percaya kedatangan tsunami yang dianggap sebagai April Mop.

 

  1. Kematian Raja George II dari Yunani banyak diragukan orang karena jatuh pada tanggal 1 April 1947. Suasana yang dianggap lucu berubah menjadi berita duka.

 

  1. Hari Republik Negara Iran yang ditetapkan pada 1 April 1979 dianggap sebuah lelucon hingga 30 tahun kemudian.

 

  1. Penyanyi era tahun 70-an Marvin Gaye ditembak oleh ayahnya, terjadi pada tanggal 1 April 1984. Insiden ini dianggap hanya sebuah gurauan. Beberapa waktu kemudian baru diperiksa oleh pihak kepolisian.

 

  1. Kematian legenda Deathrock Rozz Williams dianggap hanya sebuah kebohongan karena terjadi pada tanggal 1 April 1998.

 

Kesimpulan akhir tentang pembahasan April Mop adalah keharaman bagi umat muslim. Pertimbangan keharaman tersebut terangkum dalam sebuah uraian tausiyah Syaikh DR. Faisal Ghazawi Hafidzhahullah (Imam Masjidil Haram Makkah, Saudi Arabia; Dosen Fakultas Qiraah Jami’ah Ummul Qura’ Makkah, Saudi Arabia):

 

  1. April Mop adalah dusta. Dusta bukan bagian dari akhlak seorang beriman, tapi akhlak kaum munafiqin. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

« آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا ائْتُمِنَ خَانَ»

“Tanda orang munafik itu ada tiga. Bila berbicara, dia berdusta. Kalau berjanji, dia ingkar. Jika diberi amanah, dia berkhianat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). Dalam hadits lain disebutkan,

 

أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ فَهُوَ مُنَافِقٌ خَالِصٌ ، وَمَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْ نِفَاقٍ حَتَّى يَدَعَهَا : إِذَا حَدَثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ

 

“Empat hal apabila ada padanya maka ia telah menjadi munafik murni. Jikalau ada satu bagian saja dari mereka, maka ia mempunyai satu bagian kemunafikan hingga ia meninggalkannya. Apabila bicara, berdusta. Bila melakukan perjanjian, ia khianat. Kalau berjanji, ia mengingkari, dan apabila berselisih, ia jahat. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

“Ada empat perkara bila semuanya berkumpul pada diri seseorang, maka dia adalah orang munafik murni, salah satunya adalah dusta”.

 

  1. Kedustaan adalah akhlak yang bertolak belakang dengan keimanan. Rasululloh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, “Apakah seorang mukmin bisa menjadi seorang pengecut?” Rasulullah menjawab, ”Ya.” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ia bisa menjadi orang yang pelit?” Rasulullah menjawab, “Ya.” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ia bisa menjadi orang pendusta?” Rasulullah menjawab, “Tidak”.

 

  1. Dusta adalah pengkhianatan terhadap sahabat dan teman. Rasulullah bersabda,

 

«كَبُرَتْ خِيَانَةً أَنْ تُحَدِّثَ أَخَاكَ حَدِيثًا هُوَ لَكَ مُصَدِّقٌ وَأَنْتَ بِهِ كَاذِبٌ»

رَوَاهُ أَحْمَدُ عَنْ شَيْخِهِ عُمَرَ بْنِ هَارُونَ، وَقَدْ وَثَّقَهُ قُتَيْبَةُ وَغَيْرُهُ، وَضَعَّفَهُ ابْنُ مَعِينٍ وَغَيْرُهُ، وَبَقِيَّةُ رِجَالِهِ ثِقَاتٌ.

“Sebesar-besarnya pengkhianatan adalah jika engkau berbicara pada saudaramu dengan perkataan yang dia anggap engkau jujur, sedangkan engkau berdusta kepadanya”. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan Thabrani. Dhaif menurut Ibnu ‘Adi, Al-Albani, dan Syu’aib Al-Arnauth)

 

Cukup hadits yang shahih dari Abu Hurairah,

 

وَمَنِ اسْتَشَارَهُ أَخُوهُ الْمُسْلِمُ ، فَأَشَارَ عَلَيْهِ بِغَيْرِ رُشْدٍ ، فَقَدْ خَانَهُ

 

“Barang siapa diajak musyawarah oleh saudaranya yang muslim, lalu dia memberikan saran yang tidak lurus, maka sungguh dia itu telah mengkhianatinya.” (HR. Ahmad, Ishaq bin Ruhawaih, dan Al-Bukhari dalam Adabul Mufrad, dishahihkan Al-Albani).

 

  1. April Mop termasuk taqlid a’ma (mengikuti secara membabi buta), terhadap kebiasaan non Muslim/Kafir. Kita sebagai umat pertengahan dan menjadi saksi atas manusia, tidak boleh mengikuti kebiasaan orang-orang non-Muslim melakukan kedustaan, kebohongan, keburukan. Kita tidak boleh mencampur antara yang baik dengan yang tidak baik”.

 

Wallahu a’lam bish shawab. Fastabiqul Khairat. Nun wal qalami wama yasthurun.

 

“Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu alla ilaha illa anta, astagfiruka wa atubu ilaik.”

 

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah. Dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu”. (HR. Tirmidzi dengan Sanad Shahih).

 

Rujukan:

Al-Akh Rizki Ridyasmara. 2005. Valentine Day, Natal, Happy New Year, April Mop, Halloween: So What?. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

 

Berbagai sumber lainnya

 

26 Februari 2020, Bekasi Jawa Barat

 

✍🏻 Ditulis Oleh:

 

Alfaqir,

 

Al Ustadz Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, S.Pd, M.Pd, I bin Dr. H. Subo Sukamto Abu Ramadhan, M.Sc bin Mbah Robikun حفظه اللّٰه تعالى

(Aktivis Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat, Praktisi PAUDNI/Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan)

 

Seorang hamba yang mengharap ridha Rabb-nya

 

Edit oleh istri: Ummu Fayadh Indah Sari, S.Pd (Pengamat Anak, Guru Matematika di SMA Negeri daerah Kabupaten Bekasi Jawa Barat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.