Albania (Bagian 1)

0 99

Kiblatmuslimah.com – Albania adalah sebuah negeri muslim. Berada di tenggara daratan Eropa. Tepatnya di Semenanjung Balkan bagian barat. Berbatasan dengan laut Adriatik di wilayah baratnya. Luas wilayahnya 28.748 km2. Negara ini bertetangga dengan Montenegro di utara dan Kosovo di timur laut. Sementara Macedonia membatasi negara bekas jajahan komunis ini di sebelah timur. Di perbatasan tenggara, Yunani menjadi tetangganya.

Pada era Romawi, Albania menjadi kawasan Nasrani. Barulah ketika kekuasaan beralih kepada bangsa Turki di abad ke-14, agama Islam mulai dikenalkan kepada penduduk Albania. Imigrasi kaum muslimin, gelombang kedatangan para mubaligh serta pedagang Arab ke Albania, semakin meluaskan pengaruh Islam. Islam dapat diterima luas karena ajarannya yang mengedepankan prinsip keadilan, kebebasan, dan persaudaraan.

Masjid banyak terdapat di Albania. Di setiap kawasan lapangan utama kota-kota, selalu terdapat masjid-masjid. Ini membuktikan kedudukan masjid yang demikian tinggi di tengah-tengah masyarakat muslim Albania.

Agama Islam dianut oleh sekitar 70% penduduk yang berjumlah 3,5 juta jiwa. Sisanya, 20% Kristen Ortodoks dan 10 % Katolik Roma. Pada masa lampau, Albania selalu di bawah kekuasaan imperium besar dunia seperti Romawi, Utsmani, dan Yunani.

Setelah lebih dari 40 tahun, akhirnya warga Albania dapat kembali mendengar indahnya kumandang azan. Kelahiran kembali itu terjadi seusai berakhirnya kungkungan kehidupan beragama oleh penguasa Marxis pada 1990. Seiring terpilihnya Sali Barisha, seorang dokter muslim sebagai presiden.

Pemerintahan pun bertekad menggencarkan pemulihan kehidupan agama, baik pada lingkup lokal maupun internasional. Perluasan hubungan dengan negara-negara muslim dijalin. Pada masa itu, Albania resmi menjadi anggota peninjau Organisasi Konferensi Islam (OKI). Program pemerintah untuk memperbaiki kondisi negara dan masyarakat setelah melewati masa-masa penuh represif, menjadi hal yang mendesak dan membutuhkan kerja keras semua pihak. Fokus perbaikan juga diarahkan pada aspek agama.

bersambung Albania (Bagian 2)

Peresume: PramudyaZeen

Sumber: Majalah An-najah. Albania. Edisi 55. Rabiul Akhir1431/April 2010. Hal: 36-39.

Leave A Reply

Your email address will not be published.