7 Tahun Pertama, Anak Bisa Apa?

0 218

Kiblatmuslimah.com – Setiap anak dilahirkan dengan sifat dan karakter yang unik. Agar berhasil di masa depan, ada beberapa karakter anak usia dini yang perlu kita tanamkan sejak kecil.
Menanamkan kebiasaan bukan perkara mudah, apalagi karakter. Namun, dengan konsistensi dan kasih sayang, orang tua bisa membantu si kecil memiliki karakter-karakter yang menunjang keberhasilan mereka di masa depan.
Berikut ini 5 karakter anak usia dini yang penting untuk orang tua persiapkan.
1. Mandiri
Karakter anak usia dini pertama yang perlu kita persiapkan adalah mandiri. Anak dengan karakter mandiri bisa mengandalkan kemampuan dan sumber dayanya sendiri tanpa perlu bergantung pada orang lain. Anak dengan karakter mandiri biasanya punya rasa percaya diri yang tinggi. Si kecil bisa jadi sangat termotivasi ketika memiliki tujuan dan sangat pandai menimbang serta mengambil keputusan.
Untuk mengembangkan karakter mandiri pada anak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Saat melihat anak mengalami kesulitan, jangan buru-buru datang untuk membantunya. Biarkan si kecil mencoba untuk memecahkan masalahnya sendiri.
Kita juga bisa mengembangkan karakter mandiri ini melalui kebiasaan sehari-hari. Misalnya dengan meminta si kecil mencuci tangan sendiri sebelum makan, hingga mengancing baju setelah mandi. Ingat, memberikan kesempatan padanya untuk melakukan semuanya (tanpa bantuan) terlebih dahulu. Namun, jika dia merasa butuh bantuan, tetap pada jarak aman untuk membantunya.
2. Adaptif
Saat beranjak dewasa, ia harus terbiasa dengan perubahan yang pasti terjadi dalam hidupnya. Anak harus pandai beradaptasi dalam beragam lingkungan atau situasi yang baru.
Untuk mendukung si kecil mengembangkan karakter anak usia dini, bisa dengan membiasakannya bermain di tempat yang berbeda setiap harinya. Saat menemaninya bermain, beri kesempatan dan dorongan agar mau berkenalan dan berbaur dengan orang-orang baru, ya …. Jangan lupa, pastikan juga keamanannya.

3. Banyak Akal
Karakter anak usia dini yang sangat penting untuk dikembangkan sejak dari rumah adalah banyak akal. Dengan karakter ini, ia bisa cepat mengerti situasi dan mencari solusi dari masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Anak yang banyak akal juga jarang kehabisan ide, ia selalu punya cara untuk mengasah kreativitas.
Untuk mendukung karakter ini, sebaiknya dorong si kecil untuk berinisiatif menemukan solusi dari masalah sederhana. Misalnya saat bermain masak-masakan, tanyakan idenya tentang menu masakan yang bisa dibuat hanya dengan menggunakan 3 bahan yang tersedia.
Ketika kita bertujuan meningkatkan kreativitas si kecil, keleluasaan dalam bermain dan mengambil keputusan itu penting baginya. Oleh karena itu, biarkan dia melakukan sesuatu atau bermain dengan caranya sendiri terlebih dahulu. Tidak perlu banyak koreksi benar-salah.
4. Berani
Kita patut bangga jika si kecil memiliki karakter pemberani. Anak dengan karakter ini akan mengambil risiko dan selalu percaya diri menghadapi setiap kesulitan yang ada. Karakter ini sangat diperlukan sebagai bekal menghadapi masa depan, apalagi tantangan kehidupan semakin berat.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan karakter berani dalam diri si kecil adalah dengan membiarkannya bereksplorasi seluas-luasnya, tetap dengan arahan dan pendampingan. Biarkan dia mencoba hal-hal baru dan jangan batasi keingintahuannya dengan kata-kata atau perbuatan yang menentang. Jika melakukan kesalahan, hindari perkataan yang membuatnya rendah diri. Sebaliknya, selalu dukung agar tidak ragu untuk mencobanya kembali.
5. Gigih
Karakter yang juga perlu ada pada si kecil adalah gigih. Karakter ini membuatnya teguh pendirian dan tidak mudah menyerah. Dia juga akan tetap berusaha melakukan sesuatu hingga selesai meskipun menemukan kesulitan di tengah perjalanan. Untuk membantu anak mengembangkan karakter ini, kita bisa memberinya kegiatan secara konsisten supaya menampakkan hasil. Juga perlu memberikan semangat dengan kata-kata membangun ketika anak menemukan kesulitan.
(Supervised by Rumah Dandelion)
Disadur dengan penyesuaian oleh: MuHa

Leave A Reply

Your email address will not be published.