1000 Hari Pertama Tentukan Kecerdasan Anak

0 78

Kiblatmuslimah.com – Tahukah Anda bahwa pertumbuhan dan kecerdasan anak akan sangat optimal dalam 1000 hari pertama kelahiran? Periode ini biasa juga disebut dengan window of oppurtunity atau periode emas. Seribu Hari Pertama Kelahiran tersebut dihitung sejak kehamilan 9 bulan (+270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (+730 hari).

Mengapa harus 1000 hari tersebut? Karena pertama, masa perkembangan anak saat dalam kandungan mempengaruhi fisik dan IQ anak yang dilahirkan. Dengan mencukupi kebutuhan anak sejak masa kehamilan sampai usia anak 2 tahun, akan semakin banyak jaringan saraf yang tersambung dan makin cepat anak menangkap informasi. Proses perkembangan pun akan semakin sempurna dan anak akan tumbuh cerdas.

Bayi mungil yang baru lahir merupakan makhluk yang membutuhkan asuhan dan mempunyai hak untuk dapat tumbuh kembang dengan optimal. Sehingga, suatu ketika ia menjadi dewasa, ia akan menjadi manusia yang berkualitas. Dalam perkembangan bayi, dikenal 3 kelompok perkembangan yang saling berkaitan, yaitu perkembangan fisik, perkembangan kognitif (kecerdasan anak) dan perkembangan emosional.

Perkembangan fisik pada periode emas berlangsung secara cepat. Namun, justru fakta menunjukkan bahwa penurunan status gizi terjadi pada periode ini. Dari 10 orang anak, sekitar 3-4 orang anak balita di Indonesia mengalami stunting (pendek).

Anak balita stunting tidak disebabkan oleh keturunan. Tetapi lebih banyak disebabkan oleh rendahnya asupan gizi dan penyakit berulang yang didasari oleh lingkungan yang tidak sehat. Anak balita stunting selain mengalami gangguan pertumbuhan, umumnya memiliki kecerdasan yang lebih rendah dari anak balita normal. Selain itu, anak balita stunting ketika dewasa lebih mudah menderita penyakit tidak menular dan produktivitas kerja yang lebih rendah.

Perkembangan kognitif yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak mempunyai beberapa tahap. Pertama yaitu sensorimotor stage atau periode sejak bayi lahir sampai usia 2 tahun, pemahaman bayi mengenai lingkungan masih terbatas pada persepsi sensoris dan aktivitas motoriknya. Perilaku yang tampak merupakan respons motorik sederhana terhadap stimuli sensoris.

Ketika bayi mencapai usia 7-9 bulan, ia mulai mengembangkan yang dinamakan object permanence. Ia mulai mempunyai kemampuan untuk mengerti bahwa obyek tetap ada, walau tidak terlihat. Sebagai contoh bila mainan favoritnya disembunyikan di bawah selimut. Meskipun dia tidak dapat melihat, dia akan berusaha mencari di bawah selimut.

Periode emas dapat diwujudkan apabila pada masa ini anak memperoleh asupan gizi yang sesuai untuk tumbuh kembang. Dalam 1000 hari adalah dari saat konsepsi sampai usia 2 tahun. Perkembangan optimal perlu didahului oleh terjadinya pertumbuhan otak bayi yang optimal. Pertumbuhan otak bayi berlangsung dengan cepat pada saat dalam kandungan sampai tahun-tahun pertama kehidupan bayi.

Terpenuhinya kebutuhan gizi saat ibu hamil, menyusui dan bayi di tahun pertama adalah tahapan yang paling penting. Zat gizi dibutuhkan untuk pertumbuhan dari axon dan dendrite; pembentukan synaps dan lapisan axon yang disebut myelin. Myelin merupakan lapisan lemak untuk mempercepat perjalanan impuls syaraf. Kekurangan energi, protein, asam lemak (khususnya asam lemak tak jenuh rantai panjang AA dan DHA) dan beberapa mineral khusus (zat besi, yodium, zinc, kalsium, asam folat dan vitamin A) dapat mengganggu proses ini.

Selain gizi, untuk perkembangan kecerdasan bayi juga diperlukan stimulasi yang sesuai. Sehingga synaps-synaps berkembang dengan baik. Dikenal pula adanya periode kritis dan periode sensitif pada bayi.

Periode kritis, berlangsung sampai bayi berusia 1 tahun. Pada periode kritis dibutuhkan kecukupan zat gizi untuk pertumbuhan otak bayi. Periode sensitif pada rentang usia 1 sampai 3 tahun. Pada periode sensitif, penting adanya stimulasi yang sesuai dalam mengembangkan synaps-synaps dalam otak bayi. Otak bayi baru lahir mempunyai synaps yang lebih banyak dari dewasa oleh karena over produksi dari synaps (synaptogenesis). Jika bayi tidak mengalami stimulasi yang memadai, maka akan terjadi proses blooming dan pruning (reduksi synaps).

Lalu langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk memenuhi nutrisi 1000 hari pertama kehidupan?

Pada masa pra kehamilan

  1. Berusaha mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal
  2. Mengkonsumsi makanan yang cukup dan seimbang
  3. Mengkonsumsi makanan sumber asam folat dan suplemen asam folat selama 3 bulan prakehamilan
  4. Olahraga teratur
  5. Menghindari rokok, kafein dan minuman beralkohol

Pada masa kehamilan

  1. Memenuhi asupan kalori yang cukup untuk mendukung peningkatan berat badannya dengan pola makan yang seimbang.
  2. Meningkatkan asupan zat besi. Sumber zat besi contohnya daging, ayam, ikan, sayuran hijau, serealia tumbuk, kacangkacangan, hati sapi.
  3. Meningkatkan asupan asam folat. Asam folat ini berperan dalam pembentukan sistem saraf dan sel-sel. Sumber asam folat contohnya sayuran hijau, daging tanpa lemak, biji-bijian, kacang tanah, jeruk.
  4. Meningkatkan asupan kalsium. Kalsium berperan dalam pembentukan gigi, tulang, hati, saraf dan otot pada bayi. Sumber utama kalsium adalah susu dan olahannya seperti whole milk, skimmed milk, yoghurt, keju.
  5. Meningkatkan asupan vitamin D. Vitamin D berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Sumber vitamin D contohnya kuning telur, susu dan olahannya, mentega.
  6. Memenuhi kebutuhan Yodium. Sumber Yodium contohnya makanan laut seperti ikan, udang, kerang.
  7. Menghindari rokok, kafein dan minuman beralkohol
  8. Cukup istirahat dan menjaga perasaan gembira

Pada masa kehidupan pertama bayi

  1. Lakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dan berikan kolostrum
  2. Berikan hanya ASI eksklusif selama 6 bulan.
  3. Setelah bayi berusia 6 bulan berikan MP-ASI (Makanan Pendamping ASI). Dalam pembuatan MP-ASI sebaiknya hindari penambahan gula dan garam < 1 tahun. MP-ASI yang ideal adalah yang mengandung: (1) makanan pokok (2) sayuran dan kacang-kacangan, (3) lauk nabati, (4) lauk hewani, (5) buah-buahan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.